EFEKTIVITAS BUKU NIHONGO RAKURAKU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

MOCHAMAD RIZKYANSYAH ICHSAN ADITYA, . (2022) EFEKTIVITAS BUKU NIHONGO RAKURAKU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah mengidentifikasi kandungan isi buku Nihongo Rakuraku terhadap standar pemenuhan bahan ajar bahasa Jepang dan kesesuaian bahan ajar dengan kebutuhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sudah sesuai dengan kurikulum yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian bahan ajar ini sudah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik, yaitu kemudahan penggunaan dan akses bahan ajar, latar belakang yang digunakan sesuai dengan yang siswa, cocok digunakan bagi sekolah dengan bahasa Jepang yang tidak spesifik, dan cocok bagi siswa dengan gaya belajar auditori, visual, membaca atau menulis, dan kinestetik. Nihongo Rakuraku juga dapat mencakup aspek-aspek modul yang baik, yaitu self contained, self instructional, stand alone, adaptif, dan user friendly. Di sisi lain buku ini kurang mampu memenuhi kebutuhan siswa dengan bahasa Jepang yang lebih spesifik seperti sekolah pariwisata dan perhotelan. Terakhir, Nihongo Rakuraku dalam penggunaannya pada SMK Tridaya memiliki kelebihan dari materi yang mudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah serta file audio yang fleksibel digunakan pada berbagai latihan. Namun, latihan katsudou pada Nihongo Rakuraku sulit untuk digunakan pada tingkat kehadiran siswa yang rendah. ********** The purpose of this paper is to identify the content of the Nihongo Rakuraku book against the standards for meeting Japanese language teaching materials and the suitability of teaching materials with the needs of Vocational High School students. The method used in making this paper is a literature study method. The results showed that the teaching materials were in accordance with the curriculum provided by the Ministry of Education and Culture. Then these teaching materials have met the criteria for good teaching materials, namely ease of use and access to teaching materials, the background used is suitable for the students, suitable for schools with non-specific Japanese, and suitable for students with auditory, visual learning styles, reading or writing, and kinesthetic. Nihongo Rakuraku can also met aspects of a good module, namely self contained, self instructional, stand alone, adaptive, and user friendly. On the other hand, this book is not able to meet the needs of students with more specific Japanese such as tourism and hospitality schools. Finally, Nihongo Rakuraku in its use at Tridaya Vocational School has the advantage of material that is easily adapted to school conditions and needs as well as flexible audio files used in various exercises. However, the katsudou practice of Nihongo Rakuraku is difficult to use at low student attendance rates.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Komara Mulya, S.S.,M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 16026 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:47
Last Modified: 06 Sep 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34871

Actions (login required)

View Item View Item