PENGARUH KONTROL DIRI, SOSIALISASI ORANG TUA, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA SMK

GABRIELLA INDAH BRIGITTA, . (2022) PENGARUH KONTROL DIRI, SOSIALISASI ORANG TUA, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan, memperoleh data, dan fakta-fakta yang tepat dan valid tentang pengaruh kontrol diri, sosialisasi orang tua, dan literasi keuangan terhadap perilaku menabung siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SMK di Jabodetabek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 263 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini mengacu pada Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai grand theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kontrol diri, sosialisasi orang tua, literasi keuangan, dan sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Sikap keuangan bisa menjadi mediasi parsial hubungan literasi keuangan terhadap perilaku menabung. Kata kunci: Kontrol Diri, Literasi Keuangan, Perilaku Menabung, Sikap Keuangan, Sosialisasi Orang Tua This study aims to gain knowledge, obtain accurate and valid data, and facts about the effect of self control, parental socialization, and financial literacy on the saving behavior of Vocational High School students. This research was conducted in the Greater Jakarta area (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). The research method used in this study uses a quantitative approach with a survey method using a questionnaire. The population used in this study were Vocational High School students in Greater Jakarta area. The sampling technique used is convenience sampling with the number of samples obtained as many as 263 respondents. The data analysis technique used in this research is validity test, reliability test, model feasibility test, and hypothesis testing. The findings of this study refer to the Theory of Planned Behavior (TPB) as a grand theory. The results of this study indicate that the variables of self control, parental socialization, financial literacy, and financial attitudes have a positive and significant effect on saving behavior. Financial attitudes can be a partial mediation of the relationship between financial literacy and saving behavior. Keywords: Self Control, Financial Literacy, Saving Behavior, Financial Attitude, Parental Socialization

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.Si. 2). Muhammad Fawaiq, M.Ec.Dev.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 15921 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:31
Last Modified: 06 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34875

Actions (login required)

View Item View Item