HALIZA AULIA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN MENYIMPAN (PAPALAN) PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BERSUSUN BAGI PESERTA DIDIK KESULITAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (546kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran visual yang dapat digunakan oleh guru pada materi operasi hitung penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan bilangan dua digit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) berpacu kepada model pengembangan ADDIE Analisis (Analyze), Pengembangan (Development), Desain (Desaign), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengambalian data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan pemberian skor skala likert kepada para ahli dan uji keterbacaan oleh tiga Guru Pembimbing Khusus (GPK) di Jakarta yang mengajar peserta didik kesulitan belajar. Hasil yang didapat dari tinjauan para ahli sebesar 86,66% dan dari ketiga GPK sebesar 86,66%, skor ini menyatakan bahwa media PAPALAN sangat baik untuk digunakan. Media ini juga dicoba terapkan pada ketiga peserta didik kelas 2 SD di Sekolah Pantara menggunakan teknik pre test dan post test serta diperkuat dengan lembar pengamatan. Hasil pre test menunjukan skor 53,3 dan hasil post test sebesar 86,6. Artinya media PAPALAN dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi operasi hitung penjumlahan bersusun dengan teknik menyimpan bilangan dua digit. ***** This study aims to develop a visual learning media that can be used by teachers on materials addition operations with regrouping two-digit numbers. This study used method research and development based on the ADDIE development model (Analyze, Development, Design, Implementation and Evaluation). The technique of collecting data in this study used interviews and giving Likert scale scores to experts and readability tests by three Special Advisory Teachers (GPK) in Jakarta who teach students with learning disabilities. The results obtained from the expert's review were 86,66% and from the three GPK it was 86,66%, this score indicated that PAPALAN media is proper to use. This media was also tried to apply to the three 2nd grade elementary school students at Pantara School using pre-test and post-test techniques and completed with observation sheets. The results of the pre-test showed a score of 53.3 and the post-test results of 86.6, thats means PAPALAN media can be used as a learning media on materials addition with regrouping two-digit numbers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Leliana Lianty, M.Pd. ; 2). Trisna Mulyeni, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 15513 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 05:42 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34952 |
Actions (login required)
View Item |