PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DIMEDIASI OLEH PERGAULAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMKN 40 JAKARTA

CHOIRUNNISA, . (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DIMEDIASI OLEH PERGAULAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Dimediasi oleh Pergaulan Teman Sebaya Pada Siswa SMKN 40 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi yang digunakan adalah Siswa SMKN 40 Jakarta sebanyak 621 dan populasi terjangkau yaitu Siswa kelas XII sebanyak 210 Siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) yang dioperasikan dengan software SmartPLS 3.0 untuk pengujian hipotesis. Teknik analisis yang dilakukan dalam PLS meliputi tiga tahap, yaitu analisis model luar, analisis model dalam, dan pengujian hipotesis. Hasil yang didapat dari penelitian ini meliputi nilai R Square variabel pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan pergaulan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,954, dan pada variabel pendidikan kewirausahaan dan lingkungan terhadap pergaulan teman sebaya sebesar 0,963. Nilai F Square variabel pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,376, variabel lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,025, variabel pergaulan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha sebesar 0,192. Serta hasil uji hipotesis dengan path coefficient (direct effect) pada variabel pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha memiliki nilai original sample 0,299 dan nilai t-statistic 3,272, variabel lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha memiliki nilai original sample 0,196 dan nilai t-statistic 1,970, serta pada variabel pergaulan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha memiliki nilai original sample 0,489 dan nilai t-statistic 4,827. Adapun hasil uji hipotesis dengan path coefficient (indirect effect) pada variabel pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh pergaulan teman sebaya memiliki nilai original sample 0,171 dan nilai t-statistic 2,366 dan pada variabel lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh pergaulan teman sebaya memiliki nilai original sample 0,312 dan nilai t-statistic 3,145. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha, lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha, dan pergaulan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha serta pengaruh secara tidak langsung antara variabel pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh pergaulan teman sebaya dan variabel lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha dimediasi oleh pergaulan teman sebaya. The purpose of this study was to determine the effect of Entrepreneurship Education and Family Environment on Entrepreneurial Intentions Mediated by Peer Groups in Students of Vocational High School 40 Jakarta. The research method used is a survey method using a quantitative descriptive approach with a population of 621 students of Vocational High School 40 Jakarta and an affordable population of 210 students of class XII. The number of sample in this study is 138 students. The analysis technique used is SEM (Structural Equation Modeling) which is operated with SmartPLS 3.0 software for hypothesis testing. The analysis technique carried out in PLS includes three stages, namely outer model analysis, inner model analysis, and hypothesis testing. The results obtained from this study include the value of R Square for the variables of entrepreneurship education, family environment, and peer groups on entrepreneurial intentions of 0.954, and the variable of entrepreneurship education and environment on peer groups of 0.963. The F Square value of the entrepreneurial education variable on the entrepreneurial intention is 0.376, the family environment variable on the entrepreneurial intention is 0.025, the peer groups variable on the entrepreneurial intention is 0.192. As well as the results of hypothesis testing with path coefficient (direct effect) on the variable of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions having an original sample value of 0.299 and a t-statistic value of 3.272, the family environment variable on entrepreneurial intentions has an original sample value of 0.196 and a t-statistic value of 1.970, and at The variable of peer association on entrepreneurial intentions has an original sample value of 0.489 and a t-statistic value of 4.827. The results of hypothesis testing with path coefficient (indirect effect) on the variable of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions mediated by peer groups have an original sample value of 0.171 and a t-statistic value of 2.366 and on the family environment variable on entrepreneurial intentions mediated by peer groups has an original value. sample 0.312 and t-statistic value 3.145. So it can be concluded in this study the positive and significant influence between entrepreneurship education on entrepreneurial intentions, family environment on entrepreneurial intentions, and peer groups on entrepreneurial intentions and the indirect influence between entrepreneurship education variables on entrepreneurial intentions is mediated by peer groups and family environment variables on entrepreneurial intentions are mediated by peer groups. kata kunci: Intensi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Pergaulan Teman Sebaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 16075 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:27
Last Modified: 06 Sep 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34969

Actions (login required)

View Item View Item