PENGARUH METODE LATIHAN BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING SEPAKBOLA PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA TUNAS JAKARTA

PARTOHAPAN SITUMORANG, . (2022) PENGARUH METODE LATIHAN BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING SEPAKBOLA PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA TUNAS JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi latihan dalam bermain sepakbola, sehingga menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam melakukan passing yang masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode latihan bermain terhadap keterampilan passing sepakbola pada anak usia 7-10 tahun sekolah sepakbola Tunas Jakarta. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah anak/atlet SSB Tunas Jakarta yang berjumlah 12 anak. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing dengan papan pantul. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan bermain-belajar-bermain terhadap keterampilan passing pada anak usia 7-10 tahun sekolah sepakbola Tunas Jakarta. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 3.167 dan rerata pretest sebesar 12,83,dan rerata postes 16,00, hal ini menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik untuk kemampuan passing bola dibandingkan sebelum diberikan latihan. *** This research was background by the lack of variation in training in playing football, causing saturation for students, In addition, tha ability of studentnto make passes in still not good. This study aims to determine the significant influence of play-learning-play practice methods on passing Skills at SSB Tunas Jakarta. Research is experimental research. The method used is one-group pretest-posttest design. The population of this study was 12 children/athletes of SSB Tunas Jakarta. Sampling technique is random sampling. The instrument used is a passing skill test with a reflective board. The analys technique used is to use t-test analysis. The results of this study show that there is a significant influence of play-learning practice methods on passing skills in children aged 7-10 years of Tunas Jakarta football school. When viewed from the Mean Different figure of 3,167 and the average pretest of 12,83 and the average postes of 16.00, this shows that the exercise carried out are able to provide better changes ti the ability to pass the ball than before being given training.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muchtar Hendra Hasibuan, M.Pd ; 2). Dr. Sujarwo, M. Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 15926 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:40
Last Modified: 07 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34985

Actions (login required)

View Item View Item