CONCORDANCING SOFTWARE AND A DISCIPLINE- SPECIFIC COR PUS AS A TOOL TO MINIMIZE STUDENTS' GRAMMATICAL CONTRAINS IN ACADEMIC WRITING

RIZDIKA MARDIANA, . (2016) CONCORDANCING SOFTWARE AND A DISCIPLINE- SPECIFIC COR PUS AS A TOOL TO MINIMIZE STUDENTS' GRAMMATICAL CONTRAINS IN ACADEMIC WRITING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Thesis Rizdika Mardiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dibutuhkan lebih banyak usaha dalam menulis sebuah artikel penelitian dalam bahasa Inggris agar dapat diterima oleh editor dan dipublikasikan di jurnal internasional terkemuka terutama bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing maupun bahasa kedua. Beberapa universitas di Indonesia mendorong mahasiswa pascasarjana mereka untuk menulis hasil penelitian mereka dalam bahasa Inggris dan mempublikasikannya dalam jurnal internasional terkemuka termasuk Institut Pertanian Bogor khususnya Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan berurusan dengan tata bahasa dalam menulis. Para siswa membutuhkan referensi yang memberikan banyak kalimat dalam konteks disiplin ilmu khusus untuk meminimalkan kendala gramatikal mereka dalam menulis. Oleh karena itu, perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dianggap sebagai salah satu solusi terbaik bagi siswa untuk mengurangi kesalahan mereka dalam tata bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dapat digunakan untuk secara signifikan meminimalkan kendala gramatikal siswa dalam menulis. Ada sembilan peserta yang merupakan mahasiswa pascasarjana dari Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Institut Pertanian Bogor yang mengikuti pelatihan dan mencoba untuk menggunakan perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dalam proses penulisan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak concordancing dan corpus berdisiplin ilmu khusus dapat digunakan untuk meminimalkan kendala tata bahasa siswa dalam menulis tetapi tidak signifikan sebagaimana pada penggunaan corpora berdisiplin ilmu khusus milik keseluruhan peserta. Pelatihan dan praktek lebih banyak diperlukan untuk membuat peserta memiliki keterampilan yang baik dalam menulis dalam konteks disiplin ilmu khusus.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd ; 2). Dr. Zuharty, M.Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Feb 2020 15:01
Last Modified: 14 Feb 2020 15:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item