MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA TUNANETRA KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA

FELA ADVELIA, . (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA TUNANETRA KELAS VI DI SEKOLAH LUAR BIASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian menggunakan metode jarimatika pada siswa tunanetra kelas VI di SLB Al-Rosyadiyah, Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitiannya adalah siswa tunanetra kelas VI berjumlah 3 orang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Tanggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 5 pertemuan. Pengumpulan data diambil berdasarkan pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan dalam kegiatan pembelajaran operasi hitung perkalian menggunakan metode jarimatika, kemampuan operasi hitung perkalian siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil tes dan observasi yang diperoleh. Peningkatan pada siklus I yaitu sebanyak 33% kemudian meningkat kembali pada siklus II yaitu sebanyak 100%. Penilaian diambil berdasarkan pada 10 butir soal menyelesaikan operasi hitung perkalian 6-10. Melalui pembelajaran ini, siswa lebih termotivasi untuk menyelesaikan soal sehingga tidak menebak-nebak lagi dalam penyelesaiannya. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa tunanetra kelas VI SLB Al-Rosyadiyah. This study aims to improve the ability of multiplication operations using the Jarimatica method in class VI blind students at SLB Al-Rosyadiyah, Sukabumi Regency. The research subjects were 3 visually impaired students in class VI. This research method uses Classroom Action Research (CAR) with a research design model of Kemmis and Mc. Tanggart which consists of stages of planning, action, observation, and reflection. This research was carried out in 2 cycles, each cycle consisting of 5 meetings. Data collection is taken based on observations, tests, and documentation. The results of the study showed that after being given demonstration actions in learning activities of multiplication counting operations using the Jarimatica method, the students' ability to multiplication arithmetic operations increased. This increase can be seen from the results of tests and observations obtained. The increase was seen in the first cycle as much as 33% then increased again in the second cycle as much as 100%. The assessment is taken based on 10 items to complete the multiplication counting operation from 6-10. Through this learning, students are more motivated to solve problems so they don't have to guess anymore in their solutions. Thus, learning by using the Jarimatika method can improve the multiplication operation ability of the visually impaired students of class VI SLB Al-Rosyadiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15530 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:05
Last Modified: 06 Sep 2022 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35020

Actions (login required)

View Item View Item