HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 16 JAKARTA PUSAT

ALINAS RAHMAT, . (2010) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 16 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi alinas rahmat 8135067666.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang sahih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 16 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak Maret 2010 sampai dengan bulan Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa Kelas X SMK Negeri 16 Jakarta pada Bulan April 2010. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X jurusan akuntansi sebanyak 76 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, pertama menentukan kelompok populasi terjangkau ( area sampling ) dan kemudian yang kedua dengan teknik acak sederhana ( simple random sampling technique). Persamaan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Ŷ= 78,84 - 0,018 X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,103) < Ltabel (0,112) dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (0,24) < Ftabel (1,00) yang menyatakan regresi tidak berarti. Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh Fhitung (-0,80) < Ftabel (1,90) yang menunjukan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy sebesar -0,063 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar -0,49 dan ttabel sebesar 1,67 Dikarenakan thitung < ttabel, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara Lingkungan Keluarga dengan Prestasi belajar Siswa di SMK Negeri 16 Jakarta. Kesimpulan penelitian adalah tidak terdapat hubungan yang positif antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 16 Jakarta. Hal tersebut berarti lingkungan keluarga pada siswa kelas X SMK Negeri 16 Jakarta tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut. ***** This study aimed to gain knowledge based on valid data and facts, true and trustworthy if there is a relationship between family environment and the learning achievement of students in SMK Negeri 16 Jakarta Pusat. This research was conducted for three months starting from March 2010 until May 2010. The research method used is survey method with the correlational approach. The population in the study were all students of Class X SMK Negeri 16 Jakarta in April 2010. While the population of inaccessibility is the tenth grade students were 76 students majoring in accounting. Samples used as many as 62 people. The sampling technique in this study was conducted in two stages, first determining the population groups covered (area sampling) and then the second with simple random sampling (simple random sampling technique). Simple linear regression equation produce the regression equation Y = 78.84- 0,18 X. Test requirements analysis to test the estimated regression error normality of Y over X shows that the estimated error of regression of Y on X have normal distribution. This is evidenced by calculations showing that Lhitung (0.103) <Ltabel (0.112) using Liliefors test at significant level (α) = 0.05. In hypothesis testing, regression test of significance and linearity using table Analysis of Variance (ANOVA). From the regression significance test results obtained F value (0,24) < Ftable (1,00) which states that the not regression mean. From regression linearity test results obtained F value (-0,80) <Ftable (1.90) which indicates that the model used is linear regression. The correlation coefficient is calculated using the formula of Pearson Product Moment produce rxy of -0,063 while the results of t test of significance was obtained for -0,49 and 1.67 Ttable Due to t> Ttable, it concluded that there was no significant relationship between family environment with learning achievement Students at SMK Negeri 16 Jakarta. The conclusion is that there is no positive relationship between family environment and the learning achievement of students at SMK Negeri 16 Jakarta. This means that the family environment in class X SMK Negeri 16 Jakarta did not affect these students' achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dientje Griandini ; 2). Dra. Corry Yohana, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:10
Last Modified: 08 Sep 2022 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item