HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

JULIANA, . (2010) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Juliana (8155062743).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara self-regulated learning dengan prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan akuntansi UNJ. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak. Dalam hipotesis penelitian ini terdapat hubungan positif antara self-regulated learning dengan prestasi belajar pada mahasiswa, makin tinggi self-regulated learning mahasiswa maka semakin meningkat pula prestasi belajar mahasiswa. Hipotesis tersebut di uji dengan menggunakan uji analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dan uji- t untuk mengetahui keberartian korelasi kedua variabel serta koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 2,37+0,008X. Hasil uji normalitas Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,060 sedangkan Ltabel untuk n = 75 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,1023. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (13,15) > Ftabel (3,98) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,27) < Ftabel (1,74) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,391 Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (3,63) > ttabel (1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-regulated learning dengan prestasi belajar. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy =(0,391)2 =0,1529. Ini menunjukkan bahwa 15,29% variasi prestasi belajar mahasiswa ditentukan oleh self�regulated learning. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang posotif antara self-regulated learning dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi UNJ. ***** The purpose of this research is to get a valid and reliable data or fact, to know the correlations between self-regulated learning And academic achievement student on Concentration of Accounting Education. This research have been done for 3 months since April until June 2010. The research method using survey method with correlation approach, while the data is got from instrument to employee at Concentration of Accounting Education State University of Jakarta. Retrieval technique of sample in this research is simple random. In this research hyphotesis there is positive relationship between self�regulated learning and student academic achievement, more high student self�regulated learning or high the achievement academic of student in Concentration of Accounting Education State University of Jakarta. The hyphotesis is tested by using correlation analysis test product moment from Karl Pearson and test –t to know second correlation meaning of variable and coefficient of determination to know level of contribution variable X to variable Y. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ =2,37+0,008X. After that data normality test by using Liliefors Formula and the result is Lcount = 0,060 in significant level 0,05 and Ltable = 0,1023, so Lcount < Ltable. Mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For Regression significance test and the result is, Fcount (13,15) > Ftable (3,98). Showing that, it has significance regression. While regression linearity test, Fcount (1,27) < Ftable (1,74), showing that regression is linear. The result of Product Moment of correlations coefficient test, is rxy = 0,391continued by using correlations coefficient significance test with t-test. Counting result is, tcount = (3.63) while ttable = (1,67) and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive relations between self-regulated learning with academic achievement. The result of determination coefficient test is 15,29 %. It means that variation academic achievement student variable determination by 15,29% variation of self�regulated learning. The conclution, there is positive relations between self-regulated learning with academic achievement student on Concentration of Accounting Education State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati M. si, ; 2). Ati Sumiati Spd, M, si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:19
Last Modified: 08 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35115

Actions (login required)

View Item View Item