PENGARUH ZOOM FATIGUE PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN BERBASIS KONFERENSI VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

REKSA NOVA CHANDRA, . (2022) PENGARUH ZOOM FATIGUE PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN BERBASIS KONFERENSI VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi pada awal Maret 2020 membuat pembelajaran daring dengan Zoom menjadi substantial dan menjadi kewajiban dalam menjaga protokol kesehatan. Pembelajaran daring dengan Zoom memiliki dampak negatif yaitu kelelahan berlebih atau Zoom Fatigue. Mata Kuliah SPT (Struktur Perkembangan Tumbuhan) berperan sebagai dasar keanekaragaman jenis tumbuhan dalam pelestarian lingkungan. Adanya Zoom Fatigue pada pembelajaran SPT dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap mata kuliah bidang botani berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Zoom Fatigue terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi UNJ. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi UNJ pada bulan Juni-Juli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto yang bersifat kausal. Sampel yang digunakan berjumlah 108 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan ZEF (Zoom Exhaust and Fatigue scale) dan kuesioner motivasi belajar. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal (0.200) dan homogen (0.166). Hasil uji T menunjukkan thitung : -2.662 > ttabel : -2.003. Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan (0.01) antara kelompok yang memiliki zoom fatigue tinggi dengan kelompok yang memiliki zoom fatigue rendah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Zoom Fatigue berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi UNJ. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak Zoom Fatigue pada aspek pembelajaran lain seperti efikasi diri dan adversity quotient. ***** COVID-19 pandemic that occurred in early March 2020 made online learning with Zoom be a substantial and an obligation in maintaining health protocols. Online learning with Zoom has a negative impact, namely excessive fatigue or Zoom Fatigue. SPT (Struktur Perkembangan Tumbuhan) course serves as the basis for plant species diversity in environmental conservation. Zoom Fatigue in SPT learning can affect learning motivation of students in the biology education study program, so that it can have a negative impact on the next botany course. This study aims to determine the effect of Zoom Fatigue on the learning motivation of students in the biology education study program at UNJ. This research was conducted in the Biology Education Undergraduate Program of UNJ in June-July. The research method used is a quantitative method with the type of research used is ex post facto. 108 students used as sample. Sampling was done with simple random sampling technique. Instruments used were ZEF (Zoom Exhaust and Fatigue scale) and a learning motivation questionnaire. Prerequisite test shows that the research data is normally distributed (0.200) and homogeneous (0.166). T test results show tcount : -2,662 > ttable : -2,003. There is a significant difference in learning motivation (0.01) between the group with high zoom fatigue and the group with low zoom fatigue. Based on data analysis, it can be concluded that Zoom Fatigue has a negative effect on learning motivation of UNJ biology education students. Further research is needed on the impact of Zoom Fatigue on other aspects of learning such as self-efficacy and adversity quotient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 16211 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:56
Last Modified: 14 Sep 2022 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item