ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK BUSANA ( Survei Pada Pengusaha Busana di Mall Arion dan Pasar Sunan Giri )

SUCI WIDIYANINGSIH, . (2012) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK BUSANA ( Survei Pada Pengusaha Busana di Mall Arion dan Pasar Sunan Giri ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf

Download (588kB)
[img] Text
i-xiv ( COVER - DAFTAR LAMPIRAN ).pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai bauran pemasaran dalam penjualan produk busana, yang meliputi produk, harga, distribusi/tempat dan promosi. Lokasi penelitian Mall Arion yang berlokasi di Jalan Pemuda kav. 3-4, Rawamangun, Jakarta Timur dan Pasar Sunan Giri yang berlokasi di Jalan Balai Pustaka Raya, Jakarta Timur. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, mulai dari bulan November 2011 sampai dengan April 2012. Jumlah sampel diambil dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Dengan demikian jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik triangulasi data untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha di Mall Arion dan Pasar Sunan Giri. Hal ini dibuktikan bahwa produk yang dipasarkan ialah busana formal pria, busana wanita remaja, busana wanita dewasa dengan bahan dasar batik, busana muslim, pakaian anak-anak, Assesories seperti tas, sepatu, dan bros, tekstile atau bahan, kebaya dan gaun. Harga yang ditawarkan oleh pengusahan busana berbeda-beda, untuk jenis usaha retail busana formal pria tergantung dari kualitas bahan yang digunakan dan jenis busana, sedangkan untuk usaha modiste, harga yang ditawarkan tergantung dari desain dan material yang digunakan. Pemilihan tempat usaha di pengaruhi oleh letak lokasi yang ramai, dan strategis sehingga mudah dijangkau, strategis dapat dikatagorikan dekat dengan perkantoran, kampus atau sekolah. Kegiatan promosi menggunakan media seperti media elektronik dan media cetak. Promosi yang dilakukan dengan media elektronik biasanya melalui website, facebook, Blackberry Messager (BBM), dan By Phone. Untuk media cetak biasanya dilakukan lewat katalog dan majalah. The porpose of this research are to know data about analysis marketing mix in product sale of clothing including product, price, place and promotion. Research located in Arion Mall at Jalan Pemuda kav. 3-4, Rawamangun, Jakarta Timur and Sunan Giri Market at Jalan Balai Pustaka Raya, Jakarta Timur. As for the research carried out for 6 months, star from November 2011 to April 2012. The number of samples which in this study ware determined using snowball sampling technic. Thus the number of samples in the research as 15 people. The author used qualitative description method by collecting data technic both interview and observation as well as documentation. Data is analyzed by using data triangulation technic to gain marketing mix that has been doing by entrepreneur in Arion Mall and Sunan Giri Market. This is proved that product what is sold, there are formal men clothes, girl dress, woman dress that is made of batik, moslem dress, children dress, accessories such as bag, shoes, brooch, tekstile of the fabric, kebaya (coat for woman) and gown. The price that is offered by seller has kind of differential, for men clothes retail stuff depens on both material quality and kind of clothes. Mean while for modiste stuff depens on design and material. The market spot election is influenced of lively and strategic location so that it can be asy to reached, this could be classified near by office, college or school, besides, if they have other place for distributing the product. The promotion is executed not only via electronic media such we, facebook, blackberry messanger (BBM), and by phone, but also via print media such catalogue and magazine.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suryawati, M.Si; 2). Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E.
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:38
Last Modified: 08 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35258

Actions (login required)

View Item View Item