UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

HAIRU RAFLI, . (2022) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (967kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data tentang peningkatan gerak dasar melempar melalui pendekatan modifikasi permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di kelas IV SDN Cilangkap 1 Depok. Penelitian tindakan ini dilakukan untuk melihat efektifitas tindakan pembelajaran dalam aktifitas Gerak Dasar Melempar Siswa melalui Modifikasi permainan dilakukan di kelas IV SDN Cilangkap 1 Depok. Penelitian dilaksanakan pada 23 Juli sampai 2 Agustus tahun pelajaran 2022/2023. Pada penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan McTaggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan untuk pengumpulan datanya digunakan instrumen tes dan instrumen non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan dan catatan lapangan. Pada tindakan pembelajaran Meningkatkan Gerak Dasar Melempar Siswa Kelas IV SDN Cilangkap 1 Depok dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Modifikasi Permainan ternyata menunjukkan adanya peningkatan sesuai yang diharapkan. Pada setiap siklus mengalami sebuah peningkatan, Dari Siklus I instrumen pemantau tindakan meningkat dari 60% menjadi 85% pada siklus II meningkat sebesar 25%. Sedangkan gerak dasar melempar pada siklus I dari 58% meningkat 32.32% menjadi 90.32% pada siklus II. Berdasarkan presentase data hasil pemantauan tersebut dapat disimpulkan bahwa Melalui Modifikasi Permainan dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Siswa Kelas IV SDN Cilangkap 1 Depok Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Implikasi hasil penelitian ini adalah Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Gerak Dasar Melempar Siswa Kelas IV SD. Pendekatan Modifikasi Permainan dapat Dijadikan Alternatif dalam Pembelajaran. ***** This study aims to obtain data on improving the basic motion of pitch through a game modification approach in physical education learning in grade IV SDN Cilangkap 1 Depok. This action research was conducted to see the effectiveness of learning actions in the Basic Students Motion of Pitch through Game Modifications carried out in the fourth grade of SDN Cilangkap 1 Depok. The research was conducted from 23 July to 2 August in the 2022/2023 academic year. This research was conducted in two cycles. In the cycle using the Kemmis and McTaggart cycle model. The point is that in this model there are stages of planning (planning), action (acting), observation (observing), and reflection (reflecting), and for data collection, test instruments and non-test instruments are used in the form of action monitoring instruments and field notes. In the learning action Improving the Basic Motion Pitch Grade IV Students at SDN Cilangkap 1 Depok in Physical Education Learning through Game Modification, it turned out that there was an increase as expected. In each cycle experienced an increase, From Cycle I the action monitoring instrument increased from 60% to 85% in the second cycle it increased by 25%. While the basic motion of pitch in the first cycle from 58% increased by 32.32% to 90.32% in the second cycle. Based on the percentage of data from the monitoring results, it can be concluded that through game modification, it can improve basic movement skills to pitch grade IV students at SDN Cilangkap 1 Depok in Physical Education Learning. The implication of the results of this study is that the Playing Approach can improve the Basic Throwing Movement of Pitch Grade IV Elementary School Students. Game Modification Approach can be used as an alternative in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. ; 2). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16241 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:59
Last Modified: 08 Sep 2022 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35307

Actions (login required)

View Item View Item