PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DENGAN AUGMENTED REALITY "BIOTEKNOLOGI" UNTUK SMP KELAS IX

FARHAN FAUZI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DENGAN AUGMENTED REALITY "BIOTEKNOLOGI" UNTUK SMP KELAS IX. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media cetak berupa kartu flash yang dapat menampilkan visal 3D yaitu Augmented reality untuk materi bioteknologi pangan. Pengembangan media flashcard ini menggunakan model Hannafin dan Peck (1988). Model ini terdiri dari tiga tahapan dan di setiap tahapannya dilakukan evaluasi yaitu tahap penilian kebutuhan (need assessment), tahap desain (design), pengembangan dan implementasi ( develop/implement). Adapun teknik yang digunakan untuk melakukun evaluasi dalam penelitian pengembangan adalah Teknik evaluasi formatif yang terdiri dari ahli (expert review ) dan pengguna atau peserta didik. Hasil dari expert review ahli mendapatkan skor sebagai berikut: ahli media mendapatkan skor rata-rata 88% (sangat baik), ahli materi mednapatkan skor skor rata-rata 100% (sangat baik), Hasil dari pengguna one to one evaluation mendapatkan skor 100% (sangat baik) dan pengguna small group evaluation mendapatkan skor 92.85% (sangat baik). Selanjutnya hasil evaluasi belajar yang di lakukan secara field test memperoleh nilai rata-rata sebesar 88.65 yang dikategorikan berhasil melampaui kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar 70. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh, maka produk media flashcard yang dikembangakan dapat dikatakan sangat baik dan layak dijadikan media pembelajaran untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Bioteknologi Sekolah Menengah Pertama. ***** This development aims to produce print media in the form of flash cards that can display 3D visuals, namely Augmented reality for food biotechnology materials. The development of this flashcard media uses the model of Hannafin and Peck (1988). This model consists of three stages and at each stage an evaluation is carried out, namely the needs assessment stage, the design stage, development and implementation. The technique used to conduct evaluation in development research is a formative evaluation technique consisting of experts (expert review) and users or students. The results of the expert review experts get the following scores: media experts get an average score of 88% (very good), material experts get an average score of 100% (very good), Results from one to one evaluation users get a score of 100% (very good) and small group evaluation users got a score of 92.85% (very good). Furthermore, the results of the learning evaluation carried out by field tests obtained an average value of 88.65 which was categorized as successfully exceeding the minimum completeness criteria of 70. used in learning in science subjects for junior high school biotechnology materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R.A. Murti Kusuma W., S.IP, M.Si. ; 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 15641 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:22
Last Modified: 05 Oct 2022 05:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35318

Actions (login required)

View Item View Item