MODALITAS DALAM PERCAKAPAN NON FORMAL OLEH MAHASISWA ANGKATAN 2008 JURUSAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ADE SEPTIKASARI, . (2013) MODALITAS DALAM PERCAKAPAN NON FORMAL OLEH MAHASISWA ANGKATAN 2008 JURUSAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF Ade septikasari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, penggunaan dan alasan penggunaan modalité d‟énoncé (modalitas ujaran) dalam percakapan non formal oleh mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Bahasa Prancis FBS UNJ. Observasi dilakukan dari tanggal 30 November 2011 sampai dengan 10 Oktober 2012. Penulis mengamati dan merekam komunikasi lisan dengan alat perekam secara tersembunyi untuk mendapatkan data percakapan yang wajar dan tidak dikondisikan, kemudian mengadakan wawancara terbuka untuk mengetahui alasan penggunaan modalitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan dengan mentranskripsikan rekaman-rekaman percakapan dengan catatan lapangan mengenai komponen-komponen komunikasi, kemudian penulis menggunakan teknik analisis matrik deskripsi (Miles dan Huberman) dengan membuat matrik dengan kategori-kategori yang dibutuhkan dalam penelitian. Setelah itu dilakukan tahap interpretasi data dan pembahasan secara sintaksis dan pragmatis. Percakapan non formal merupakan bentuk komunikasi lisan yang terjadi dalam situasi santai dengan bahasa yang sederhana yang bertujuan untuk menyampaikan pikiran, perasaan, ide atau gagasan kepada mitra tutur. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dibutuhkan rentetan kalimat dengan makna yang terkandung didalamnya yaitu mengenai pandangan pembicara terhadap suatu kejadian atau peristiwa yang dinamakan dengan modalitas. Fokus penelitian ini adalah modalité d‟énoncé yang terbagi menjadi modalité intensionelle, modalité logique, modalité épistémique, modalité apréciative, modalité déontique dan modalité dinamique. Hasil penelitian pada 8 percakapan menunjukan terdapat 105 modalité d‟énoncé yang terbagi menjadi 9 modalité intensionelle, 30 modalité logique, 44 modalité épistémique, 9 modalité apréciative, 3 modalité déontique, dan 10 modalité dinamique, serta menunjukan terdapat 84 modalité d‟énoncé yang dikategorikan sesuai konteks dan 22 modalité d‟énoncé yang dikategorikan tidak sesuai konteks. Sedangkan alasan penggunaan modalitas yaitu mempraktikan bahasa Prancis, meniru gaya berbicara Bapak Sulandri(Dosen JBP) dan identitas/solidaritas kelompok. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis FBS UNJ mengenai modalitas serta penggunaan yang sesuai konteks dan juga dapat bermanfaat bagi pengetahuan mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis FBS UNJ mengenai ilmu linguistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Renggo Geni Zen, M. Pd ; 2). Subur Ismail, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:39
Last Modified: 08 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35335

Actions (login required)

View Item View Item