MENINGKATKAN GERAK LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SDS TADIKA PURI KLENDER JAKARTA TIMUR

ZULIANITA, . (2012) MENINGKATKAN GERAK LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SDS TADIKA PURI KLENDER JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi final 3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDS Tadika Puri cabang Klender Jakarta Timur. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV pada semester II tahun pelajaran 2010-2011. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang melalui beberapa tahap, yaitu : tahap perencanaan, tahap tindakan / pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen non tes berup instrument gerak lari cepat, keterlaksanaan kegiatan bermain, dan catatan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan gerak lari cepat di kelas IV SDS Tadika Puri cabang Klender Jakarta Timur. Prosentase gerak lari cepat pada siklus I mencapai 54.03% dan siklus II 80.37% Sementara prosentase pelaksanaan kegiatan bermain pada siklus I mencapai 59.95% dan siklus II 80%%. Kolerasi antara minat dan keterlaksanaan kegiatan bermain semakin efektif dan dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. ***** The purpose of this study was to improve the ability and interest in physical education students towards learning through play approach to the fourth gradeelementaryschoolstudents. The study was conducted in SDS Tadika Puri branch Klender, East Jakarta. By fourth grade students study the subject in the second semester of the school year 2010-2011. The method in this research is the Classroom Action Research through several stages: the planning stage, the stage of action / implementation, the stage of observation, and reflection. The data was collected using a non-test instruments berup sprinting motion instruments, keterlaksanaan play activities, and record observations. The results obtained in this study is the increased ability to run fast motion in the fourth grade SDS Tadika Puri branch Klender, East Jakarta. Percentage of motion cycle I ran faster on reaches 54.03% and 80.37% While the second cycle percentage of implementation of activities to play in the cycle I reached 59.95% and the second cycle 80%%. Keterlaksanaan correlates between the interests and play activities more effective and can increase students' interest towards learning physical education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:29
Last Modified: 08 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35337

Actions (login required)

View Item View Item