PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATIONS DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP MANDALAHAYU BEKASI

AJENG RAHMADANIA ARIESTIARA, . (2013) PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATIONS DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP MANDALAHAYU BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AJENG RAHMADIA_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode group investigations dengan media puzzle terhadap kemampuan menulis iklan siswa kelas VIII SMP Mandalahayu Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap, tahun ajaran 2012/2013, Maret 2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel secara random. Jumlah sampel 60 siswa. Kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis iklan yang meliputi: ide atau gagasan yang dikemukakan, gaya: struktur kata dan kosakata yang disesuaikan dengan khalayak, ejaan, headline, daya tarik periklanan, gaya eksekusi kreatif, teknik persuasif, dan pengungkapan bukti. Berdasarkan perhitungan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis iklan pada kelas eksperimen 82,3. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol, 61,3. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (liliefors). Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila L0 < Ltabel. Diperoleh L0 (0,0319) < Lt (0,1610) pada kelas eksperimen dan L0 (0,0110) < Lt (0,1610) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada dua kelas α = 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas melalui uji Barlett. Kriteria pengujian homogenitas sampel yaitu jika ߯2 hitung < ߯2 tabel berarti data kelas sampel mempunyai varians yang homogen. Hasil penghitungan menunjukkan data bersifat homogen. Hal ini ditandai oleh ߯2 hitung 0,00 < ߯2 tabel 42,557. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah, tolak H0 jika thitung > ttabel. Diperoleh hasil thitung sebesar 9,00 dan ttabel sebesar 1,67 dengan thitung (9,00) > ttabel (1,67). Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode group investigations dengan media puzzle terhadap kemampuan menulis iklan siswa kelas VIII SMP Mandalahayu Bekasi diterima. Penelitian ini memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa khususnya dalam menulis iklan. Di samping itu, penggunaan metode group investigations dengan media puzzle bisa digunakan juga dalam kompetensi dasar lainnya seperti berpidato. Penggunaan metode group investigations dengan media puzzle merupakan sebuah cara belajar yang aktif, kreatif, dan inovatif. Penggunaan metode group investigations dengan media puzzle mudah untuk direduplikasi oleh guru-guru agar proses belajar mengajar dapat lebih bervariasi dan menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M. Si. ; 2). N. Lia Marliana, M. Phil.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:49
Last Modified: 08 Sep 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35376

Actions (login required)

View Item View Item