ANINDITA FEBBI RIFANNY, . (2013) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KARTU UNO DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III UNO.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB I UNO.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II UNO.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB IV UNO.pdf Download (422kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) |
|
Text
BAB V UNO.pdf Download (96kB) |
|
Text
Cover UNO.pdf Download (40kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (95kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan siswa SMA Mutiara 17 Agustus Bekasi dalam mempelajari kosakata baru adalah dengan mengandalkan kepengajaran yang dilakukan oleh guru di depan kelas. Selain itu, sebagai bahasa yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, membuat siswa malas, tidak bersemangat, tidak tertarik membuka buku apalagi mempelajari kosakata secara mandiri. Sehingga semakin menyulitkan siswa menguasai kosakata yang mereka pelajari. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang mempunyai unsur permainan di dalamnya agar siswa cepat menguasai kosakata dan tidak mudah lupa dengan apa yang dipelajari. Mengatasi hal tersebut digunakanlah media permainan kartu UNO dalam pembelajaran kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas X sebelum dan sesudah perlakuan, mengetahui efektivitas penggunaan media kartu UNO, dan terakhir mengetahui tanggapan siswa tentang permainan kartu UNO dalam pembelajaran kosakata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental (eksperimen murni) dengan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh adanya perlakuan (treatment) dengan membagi dua kelompok, kelompok eksperimen yang diberi perlakuan, dan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Kemudian, sebelum perlakuan diberikan, untuk mengetahui kemampuan di kelas tersebut sama atau berbeda, maka kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi pretest. Setelah diketahui sama, diberikanlah perlakuan yakni pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan menggunakan media permainan kartu UNO pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan media kartu bergambar. Setelah perlakuan, kelas eksperimen dan kontrol diberikan posttest. Dari hasil tersebut, dari Uji-t diketahui thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Hk diterima sehingga diketahui bahwa terdapat efektivitas media permainan kartu UNO dalam pembelajaran bahasa Jepang. Berdasarkan pengolahan data angket, diketahui bahwa media permainan kartu UNO dapat membangkitkan semangat dan motivasi sehingga membuat siswa ikut aktif lagi dalam belajar bahasa Jepang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35430 |
Actions (login required)
View Item |