THE REPRESENTATION OF THINKING SKILLS IN MY ENGLISH STEP LEARNING MATERIALS FOR THE EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

IRMANDA SRI AMRIHI, . (2022) THE REPRESENTATION OF THINKING SKILLS IN MY ENGLISH STEP LEARNING MATERIALS FOR THE EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya menghadapi abad ke-21, kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa. Menerapkan dan menggalakan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan penggunaan materi belajar berbasis digital. Materi pembelajaran berbasis digital ini mampu memfasilitasi para siswa untuk berpikir kritis. Akan tetapi, kemampuan siswa dalam berbahada Inggris yang terbatas menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Sehingga, kemampuan berpikir tingkat awal (LOTS) dapat membantu menuntun kemampuan berbahasa siswa mulai dari yang mudah ke tingkat yang sulit. Oleh karena itu, tujuan penelitian analisis konten ini, yaitu untuk menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir dipresentasikan pada materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Materi tersebut disediakan dan dikembangkan oleh laman bernama My English Step. Terdapat 13 unit di kelas 8 yang dipilih sebagai sumber data. Secara rincinya, pertanyaan dan kalimat instruksi dipilih, dikumpulkan, lalu dianalisa berdasarkan Taksonomi Bloom versi revisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 61 pertanyaan dan 100 instruksi yang diteliti, persentase dari representasi HOTS pada pertanyaan adalah 13,11% terdiri dari 8 butir pertanyaan dan 11% terdiri dari 11 butir instruksi,, sedangkan LOTS (kemampuan berpikir tingkat rendah) terdapat pada 88 butir pertanyaan atau 88% dan 89 butir instruksi atau 89%. Selain itu, ditemukan bahwa Remember (C1) merupakan tingkat kemampuan berpikir yang paling dominan yang terdiri dari 42 dari 61pertanyaan atau 68,85%. Sedangkan pada Dimensi Pengetahuan, didominasi oleh Factual Knowledge dengan persentase paling dominan sebesar 78,69% atau sama dengan 48 pertanyaan dan 56% yang terdiri dari 56 instruksi. *********** To cope with the 21st century, higher-order thinking skills (HOTS) are one of the skills required to be equipped by learners. Promoting higher-order thinking skills can be carried out in many ones, especially by utilizing digital learning materials. Digital learning materials can facilitate learners to think critically. However, learners’ limited ability in English is the challenge encountered in implementing HOTS. As a result, Lower Order Thinking Skills (LOTS) are helpful to scaffold students’ language ability starting from easy to difficult. Therefore, this content analysis study is intended to analyze and describe how thinking skills are represented in EFL digital learning materials for Junior High School students which are provided by a website, namely My English Step. Thirteen units from the 8th grade were chosen to be a source of data. Specifically, the selected questions and task instructions were collected and analyzed by using Bloom’s Revised Taxonomy framework. The findings revealed that, among 61 questions and 100 instructions investigated, the percentage of HOTS represented in the questions is 13,11% which contains 8 questions and 11% that contains 11 instructions, while the LOTS represented in 53 questions or 88% and 89 instructions or 89%. In addition, it is indicated that the predominant level of thinking skills represented in all units is C1 or Remember that consists of 42 questions out of 61 questions or 68,85%. On the other hand, the most dominant knowledge dimension goes to Factual Knowledge which shows 78,69 % or equals 48 questions, and 56% which consists of 56 instructions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Imas Wahyu Agustina, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Ilza Mayuni, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 15747 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:27
Last Modified: 09 Sep 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35434

Actions (login required)

View Item View Item