PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA LANJUT PADA SAAT PANDEMI COVID-19

SITA ZULFANI, . (2022) PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA LANJUT PADA SAAT PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat pembelajaran yang sebelumnya belajar tatap muka secara langsung di kelas (luring) berubah menjadi belajar tatap maya dalam jaringan (daring). Aplikasi yang banyak digunakan untuk menjadi penunjang pembelajaran adalah WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran pada saat pandemi COVID-19 beserta kelebihan dan kekurangan dari WhatsApp. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Responden penelitian ini adalah pengajar serta peserta didik yang mengikuti mata kuliah keterampilan menyimak dan berbicara lanjut I dan II semester 113 dan 114 tahun akademik 2020/2021 di PSPBM FBS UNJ. Hasil penelitian menunjukkan WhatsApp digunakan untuk memberikan informasi terkait perkuliahan, berdiskusi, latihan tanya jawab serta memberikan dan menerima rekaman. ********** The COVID-19 pandemic has made learning that previously used to be face-to-face learning in class turned into virtual face-to-face learning in a network. The application that is widely used to support learning is WhatsApp. This study aims to describe the use of WhatsApp as a learning medium during the COVID-19 pandemic along with the advantages and disadvantages of WhatsApp. The research method used is descriptive qualitative method. The data collection technique used is a questionnaire. The respondents of this study were teachers and students who took advanced listening and speaking skills courses I and II during 113 and 114 semesters, academic years 2020/2021 at Mandarin Education, State University of Jakarta. The results showed that WhatsApp was used to provide information related to lectures, discussions, question and answer exercises and to provide and receive recordings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S.,M.Ed. ; 2). Rizky Wardhani, S.S.,M.Pd.,M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 16080 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:51
Last Modified: 15 Sep 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35483

Actions (login required)

View Item View Item