“Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Menggunakan Metode Six Sigma Di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”

Abbie Zalhafid, . (2016) “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Menggunakan Metode Six Sigma Di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ABBIE ZALHAFID.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat kesenjangan antara harapan dan kepuasan yang dirasakan mahasiswa dalam hal pelayanan administrasi akademik di Jurusan Teknik Mesin FT UNJ. Metode Six Sigma merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam melakukan pengukuran tingkat kepuasan konsumen. Dengan konsep DMAIC (define, measure, analyze, improve, control). Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik di Jurusan Teknik Mesin FT UNJ, menganalisis nilai sigma serta menganalisis bagaimana upaya meningkatkan kepuasan mahasiswa menggunakan metode Six Sigma. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 625 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa aktif semester 103 angkatan 2009-2014 dan sampel yang digunakan sebanyak 87 menggunakan rumus slovin dengan nilai kritis 10%. Tahap definisi (define), mendefinisikan atribut kepuasan mahasiswa lalu diuji validitas dan reliabilitas. Tahap pengukuran (measure) mengukur nilai GAP dan level sigma. Tahap analisis (analyze) menganalisis kesalahan potensial dengan diagram pareto dan mencari sebab akibat dengan fishbone diagram. Tahap perbaikan (improve) mengajukan usulan perbaikan kinerja. Tahap pengendalian (control) menjaga perbaikan agar terus berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data didapat nilai GAP sebesar -1.64 dan level sigma 1.95σ dari target sigma yaitu 4σ. Upaya perbaikan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa adalah pegawai wajib menentukan prioritas pekerjaan dan penting sekali untuk membuat perencanan jangka pendek dan panjang sehingga beban pekerjaan dapat dikurangi. Sikap kerja 5S dilakukan dengan memberikan pelatihan atau seminar yang terfokus pada pelatihan sikap, dan membuat Standar Operating Procedure (SOP) tentang pelayanan umum administrasi akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aam Amaningsih Jumhur, S.T., M.T. ; 2). Ir. Yunita Sari, M.T., M.si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 22 Oct 2019 15:45
Last Modified: 22 Oct 2019 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item