PURWANINGSIH, . (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN PETAMBURAN 01 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA finish.pdf Download (283kB) |
|
Text
logo.pdf Download (158kB) |
|
Text
pembatas LAMPIRAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
cover skripsi.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB I-BAB V FINISH.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK dll purwa punya.pdf Download (651kB) |
Abstract
Penelitian ini berupa Penelitian TIndakan Kelas yang bertujuan untuk mencari cara meningkatkan kemampuan menulis puisi di kelas III SDN Petamburan 01 Pagi Tanah Abang Jakarta Pusat melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Petamburan 01 Pagi Jakarta Pusat pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2010-2011, dengan jumlah siswa kelas III sebanyak 40 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas/pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan non tes berupa instrument pemantau tindakan, dan jurnal pengamatan. Uji validitas dan reliabilitas instrument ditempuh melalui expert judgement. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran. Persentase kemampuan menulis puisi pada siklus I mencapai 58,9% dan pada siklus II 75,9%. Hal tersebut meningkat dengan persentase efektivitas pembelajaran menggunakan media gambar siklus I 70,71% dan siklus II 95%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi yang diperoleh akan semakin tinggi jika pembelajaran menggunakan media gambar. ***** The aim of the study was to the poem writing capability for students in the 3rd grade at Petamburan 01 Pagi Elementary School Central Jakarta through using drawing media. The study was conducted at Petamburan 01 Pagi Elementary School Central Jakarta in the 1st semester in 2010-2011 academic year for students in the 3rd grade as many as 40 students. The research method used is a classroom action research cycle model of Kemmis and Taggart. With two cycles including steps for each cycle; planning, action/ implementation, observation, and reflection. The data was collected using the non-test and test instruments, a monitoring of action, and journal of observation. Validity and reliability tests of the instruments use expert judgement. It can be concluded the results of this research are the drawing that the poem writing capability reaching 58,9% in cycle I and drawing media 75,9% in cycle II. And the effectiveness of learning by using drawing media reaching 70,71% in cycle I and 95% in cycle II. Thus, learning by using drawing media can improve student learning capability. The implications of these findings were the increase of capability writing poem effectiveness of learning using drawing media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Dr. Ir. Arita Marini, M.E. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 06:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35520 |
Actions (login required)
View Item |