MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achievement Division) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BEKASI

Santi Tiara Dewi, . (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achievement Division) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SANTI TIARA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Bekasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilakukan karena komponen pembelajaran belum dirancang dan dilaksanakan secara sistematis dan optimal, sehingga hasil belajar siswa mampu berkreativitas belum tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart dengan alur komponen kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan, tindakan dan observasi yang dilakukan bersamaan serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kreativitas dalam pembelajaran seni tari pada kondisi awal hanya mencapai 25%, lalu pada siklus I mencapai 40%, kemudian pada siklus II mencapai 60%, sedangkan pada siklus III mencapai 80%. Hasil belajar tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan kreativitas pada siswa kelas VIII di SMPN 8 Bekasi, setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Feb 2020 14:57
Last Modified: 18 Feb 2020 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item