MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS III SD GUNTUR 01 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SRI YANI, . (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS III SD GUNTUR 01 PAGI KECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK PRIN.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penilitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melakukan suatu perubahan dalam pengembangan keterampilan, untuk memecahkan masalah melalui penerapan langsung di kelas. Masalah dalam peneliti ini adalah: Bagaimanakah Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Bilangan Pecahan? Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2010 dengan subjek penelitian berjumlah 36 siswa yang duduk di kelas III SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil belajar matematika tentang bilangan pecahan baru mencapai 55,6% sedangkan siklus II 77,8%. Adapun nilai pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus pertama mencapai 67,5% siklus kedua mencapai 88,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang Bilangan Pecahan di Kelas III SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. ***** This research is in the form Penilitian Class Room Actions aimed at making a change in the development of skills, to solve problems through direct application in the classroom. The problem in this research is: How can increase the Contextual Approach in Mathematics Study Results on Fractional Numbers?. This research was conducted from February to April 2010 with 36 students study subjects who were sitting in class III SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Wast Jakarta. This research was conducted as many as two cycles. Each cycle of action procedures that use planning, action, observation and reflection. The evaluation result proves, after the first cycle of action in new mathematical learning outcomes achieved 7.6 5.7 while the second cycle. The observed value of the learning process by using a contextual approach in the first cycle reaches an average value of 64.8 to 84.8 second cycle. Statistically significant differences increase learning outcomes in the first cycle and second cycle. From this research we can conclude that the use of contextual approaches in learning can improve learning outcomes in mathematics on Fractional Numbers Class III SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Wast Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. ; 2). Drs. FT. Munthe, M.A.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:11
Last Modified: 12 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35705

Actions (login required)

View Item View Item