CORRECTION OF GRAMMATICAL MISTAKES IN CLASSROOM INTERACTION AT FIRST YEAR CLASSES OF ED UNJ

ASTI RAMADHANI ENDAH LESTARI, . (2010) CORRECTION OF GRAMMATICAL MISTAKES IN CLASSROOM INTERACTION AT FIRST YEAR CLASSES OF ED UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Acknowledgement.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Approval Sheet.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ASTI RAMADHANI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LIST OF TABLE.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Table of content.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sejak November 2009 hingga Januari 2010 di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan tatabahasa yang dilakukan mahasiswa tingkat pertama jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta dan meneliti perbaikan yang dilakukan dosen pada kesalahan tersebut. Perolehan nilai mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNJ pada Mata Kuliah Grammar 1, 2, dan 3 menunjukkan masih banyaknya kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh mahasiswa. Hal ini dapat dicegah dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan perbaikan yang dilakukan dosen setiap mahasiswa melakukan kesalahan tata bahasa. Ada beberapa cara memperbaiki kesalahan tata bahasa mahasiswa, tetapi tidak semua perbaikan yang dilakukan dosen dapat mendorong mahasiswa untuk melakukan perbaikan pada kesalahannya. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menganalisis perbaikan kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh dosen jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNJ. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan non-participant observasi sebagai instrumennya. Enam kelas diamati dalam penelitian ini yaitu: Listening 1, Speaking 1, Reading 1, Writing 2, Vocabulary, and Introduction to Language. Masing-masing kelas diamati sebanyak lebih dari lima kali, total sumber data yang didapat adalah 39 aktifitas di dalam kelas. Setiap kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh mahasiswa diklasifikasikan berdasarkan grammatical categories yang diajukan oleh Brinton. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa tingkat pertama jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta banyak membuat kesalahan pada number (26.85%) dan tense (21.30%), sementara mahasiswa tidak melakukan kesalahan pada definiteness. Kemudian peneliti menganalisa respon yang dilakukan dosen terhadap kesalahan tersebut. Perbaikan yang dilakukan oleh dosen kemudian diklasifikasikan berdasarkan tipe-tipe perbaikan yang diajukan oleh Lyster and Ranta. Hasil Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dosen jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta menyadari akan kesalahan tata bahasa yang dibuat oleh mahasiswa hal ini ditunjukkan dengan lebih dari 50% kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa mendapatkan reaksi dari dosen dan jenis perbaikan yang paling banyak dilakukan oleh dosen adalah recast sebanyak 37.68%, diikuti oleh explicit correction sebanyak 24.64%, clarification requests sebanyak 15.94%, elicitation sebanyak 10.14%, metalinguistic correction sebanyak 8.7% dan repetition sebanyak 2.9%. This study had been conducted since November 2009 and Finished at January 2010 in Jakarta. The aims of the study was to describe the grammatical mistakes occurred at the first year classes of English Department of State University of Jakarta and to investigate the correction of those grammatical mistakes. The low scores of English Grammar 1,2 and 3 classroom shows that there are still many grammatical mistakes made by the students at the first year classes of English Department of UNJ. One of the ways to prevent this condition is by giving correction when the students made grammatical mistakes. There are some types of correction of grammatical mistakes that can be used by the teacher, but not all types of correction make sense to students. Therefore, this study tried to analyze the correction of grammatical mistakes made by the students at the first year classes of ED UNJ. This study used a case study as a method. It used nonparticipant observation as the instrument of the study. There are six classes were being observed in this study; Listening 1, Speaking 1, Reading 1, Writing 2, Vocabulary, and Introduction to Language. Each of those classes was being observed more than five times, total of the data sources is 39 classroom activities. The result of this study shows that students at the first year classes of ED UNJ made grammatical mistakes mostly in number (26.85%) and tense (21.30%), while the students did not make mistakes in definiteness. It also shows that most teachers of English Department of State University of Jakarta are aware to students’ grammatical mistakes since more than 50% of the mistakes were corrected by the teacher. The result of this study also shows that the type of correction mostly used by the teacher of English Department of State University of Jakarta is recasts as much as 37.68%, followed by explicit correction with 24.64%, clarification requests with 15.94%, elicitation 10.14%, metalinguistic correction with 8.7%, and repetition 2.9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ifan Iskandar,M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:01
Last Modified: 14 Sep 2022 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35706

Actions (login required)

View Item View Item