PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

LENY MARNIS, . (2010) PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika pada materi momentum linier dan impuls. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai dengan Desember 2010 di SMA Negeri 44 Jakarta. Sampel penelitian kelas XI sebanyak 2 (dua) kelas yang terdiri dari 38 siswa kelas eksperimen dan 38 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan proses sains dan observasi keterampilan proses sains siswa. Hasil observasi menunjukan keterampilan proses sains siswa yang diterapkan model Quantum Teaching lebih baik. Pengujian normalitas diselidiki dengan menggunakan Chi Kuadrat (χ 2 ), hasilnya data pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diselidiki dengan uji F, hasilnya kedua kelas homogen atau berasal dari sampel yang seragam. Adapun pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = (nk + nE) -2 = 74, diperoleh thitung = 3,55 dan ttabel = 2,20 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Quamtum Taching terhadap kemampuan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Setyo Budi, M. Sc ;
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Fisika
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:49
Last Modified: 13 Sep 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35709

Actions (login required)

View Item View Item