MULYONO, . (2009) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI DI SMK BHINNEKA TUNGGAL IKA JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf Download (154kB) |
|
Text
skripsi UNJ.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar seni tari. Subyek penelitian adalah siswa kelas X di sekolah SMK Bhinneka Tunggal Ika . Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar seni tari. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan observasi lapangan. Istrumen yang digunakan adalah tes pencapaian yang penilaianya pada aspek wiraga, wirasa,dan wirama dan hafalan. Untuk teknis analisis menggunakan Uji T. Pada hasil analisis Treatment diperoleh harga t- hitung = 1,271 sedangkan t table = 1,81 pada taraf signivikansi a = 0,05 dan dk = 10 . Karena t - hitung lebih besar dari pada t - table maka ha diterima. Sedangkan untuk analisis konvensional diperoleh harga t- hitung = -0,4464 sedangkan t table = 1,81 pada taraf signivikansi a = 0,05 dan dk = 10 . Karena t - hitung lebih besar dari pada t - table maka ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara signifikan ada pengaruh penggunaan media audio visul terhadap prestasi belajar seni tari pada siswa SMK Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian ini menyarankan kepada guru seni tari agar menggunakan media audio visual dalam pengajaran seni tari, karena media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar seni tari. Para guru hendaknya senantiasa menciptakan dan menggunakan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, karena dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif mampu meningkatkan prestasi belaja r siswa. This research is done to know how much the use of Audio Visual Media influences the learning achievement of dancing art learning process, as the subject is the tenth garde students. The benefit of this research is to know how much the audio visual aid affects the learning achievement of the dancing art learning process. The method which is uses is experiment where to get datas, the researcher uses field observation. The instruments used are the achievement test on the aspects of : wirogo, wirasa, dan wiromo as well as memorizing. Meanwhile the “T” test is used for analysis technic. At the treatment analysis result, it is afforded the + - calculating price = 1,271 whereas t table = 1,81 at significant level a=0,05 ad dk=10. Due the t calculating is greater than +- table than ha is accepted. Therefore, it can be concluded that there is an affect of audio visual media using to the learning achievement of the dancing art learning process at significant level for the SMK B.T.Ika students. This research advise on the teacher of art dancing to use audio visual media in learning art dancing, because it is enabled to improve the achievement of student in learning art dancing. The teachers are supposed to create and use the interesting media in learning activities by using audio visual media, since by using interesting & innovative learning media can increase the achievement of students’ learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Diny Devi Triana. S.Sn. M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 05:18 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 05:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35799 |
Actions (login required)
View Item |