PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Survey di SDN Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Jakarta Selatan)

EVI SUSILAWATI, . (2008) PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF (Survey di SDN Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
epi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa terdapat hambatan yang dihadapi guru penyelenggara sekolah inklusif, ketika mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif dan terdapat penolakan terhadap anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh sekolah penyelenggara pendidikan inklusif itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai persepsi guru terhadap pendidikan inklusif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan dengan teknik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada guru di Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan teknik kombinasi yaitu dengan menggunakan Total Sampling dan quota, sebanyak 70 responden. Instrumen diujicobakan kepada 10 responden dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan rtabel = 0,632, dari 60 butir pernyataan diperoleh 32 butir valid dan 26 tidak valid, dengan r11 = 0,795. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan dua pilihan jawaban dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Untuk mengetahui persepsi responden dilakukan perhitungan berdasarkan ketentuan Batas Lulus Ideal, yang selanjutnya persepsi responden dijadikan dalam 2 rangking, yaitu persepsi benar dan persepsi salah. viii Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di tujuh Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Jakarta Selatan diperoleh ratarata persepsi guru sebesar 20,986. Diketahui bahwa 48,57% dari jumlah seluruh responden memiliki persepsi benar dan 51,43% dari jumlah responden memiliki persepsi yang salah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwal bahwa sebagian guru SDN penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Selatan belum memahami sepenuhnya pendidikan inklusif yang sedang dilaksanakan di sekolahnya. Sehingga Implikasi hasil penelitian ini adalah guru SDN penyelenggara pendidikan inklusif masih membutuhkan informasi tentang pendidikan inklusif secara menyeluruh, terutama dalam hal proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang terkait dengan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini Purwani, MSp.Ed. ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:49
Last Modified: 13 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35800

Actions (login required)

View Item View Item