PENDIDIKAN SEBAGAI SALURAN MOBILITAS SOSIAL BAGI ANAK SMK (STUDI KASUS 7 LULUSAN SMK NEGERI 14 JAKARTA YANG MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI)

DINA FAHIMAH, . (2022) PENDIDIKAN SEBAGAI SALURAN MOBILITAS SOSIAL BAGI ANAK SMK (STUDI KASUS 7 LULUSAN SMK NEGERI 14 JAKARTA YANG MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan alasan yang melatar belakangi 7 lulusan SMK Negeri 14 Jakarta melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan bagaimana perubahan mobilitas sosial pada 7 lulusan SMK Negeri 14 Jakarta dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 lulusan SMK Negeri 14 Jakarta. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa sumber seperti foto, artikel, dan dokumen yang berkaitan dengan kasus pendidikan sebagai saluran mobilitas sosial. Triangulasi data dalam penelitian ini adalah Guru BK SMK Negeri 14 Jakarta. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan sejak Februari sampai dengan Maret 2022. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di rumah informan yang sebagai tempat tinggal 7 lulusan SMK Negeri 14 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 7 lulusan SMK Negeri 14 Jakarta memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sadar akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan mendapatkan kesempatan untuk mengubah status sosial ekonomi menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan mobilitas sosial dan stratifikasi sosial pada individu tersebut. ***** This study aims to explain the reasons behind 7 graduates of SMK Negeri 14 Jakarta continuing their education to college and how social mobility changes in 7 graduates of SMK Negeri 14 Jakarta in continuing their education to college. This research uses a qualitative case study approach. The data in this study were obtained through in-depth interviews, observation, and documentation. The subjects in this study were 7 graduates of SMK Negeri 14 Jakarta. Secondary data in this study were obtained through several sources such as photos, articles, and documents related to the case of education as a channel of social mobility. The triangulation of data in this study were BK teachers at SMK Negeri 14 Jakarta. Data collection in this study was carried out from February to March 2022. The location of this research was at the informant's house as the residence of 7 graduates of SMK Negeri 14 Jakarta. The results of this study indicate that 7 graduates of SMK Negeri 14 Jakarta have an interest in continuing their education to college and are aware of the importance of continuing their education to a higher level in order to get a better life. By continuing their education to a higher level, they will get the opportunity to change their socio- economic status for the better so that they can increase social mobility and social stratification in a person.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15171 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:03
Last Modified: 15 Sep 2022 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35821

Actions (login required)

View Item View Item