ULFHATUN WIDIASTUTI, . (2022) THE FREE HAJJ : MENCIPTAKAN MASYARAKAT RABBANI ERA 4.0 MELALUI MANASIK HAJI BERBASIS VIRTUAL REALITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN (BAB 1.PDF).pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB 2 LANDASAN TEORI (BAB 2.PDF).pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN (BAB 3.PDF).pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN ( BAB 4. PDF).pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN (BAB 5.PDF).pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf Download (210kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Proses persiapan keberangkatan ibadah haji sangat lama sehingga perlu dilaksanakan persiapan yang panjang agar bisa melaksanakan kewajiban ini. Namun, meskipun hal ini sudah dilakukan oleh para calon haji di tanah air, kenyataannnya sesampainya di tanah suci masih banyak yang kebingungan dalam hal pelaksanaan maupun tata cara yang berkaitan dengan ibadah haji. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi virtual reality untuk simulasi pembelajaran manasik haji. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development tipe waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang terdiri dari 6 fitur, yaitu: fitur rangkaian haji, seri panduan haji, Percakapan bahasa arab, denah, tanya jawab, petunjuk penggunaan. Dengan menggunakan aplikasi ini calon jamaah akan belajar bagaimana menunaikan haji tidak hanya teori tetapi juga menyajikan ide, amalan dan kondisi aktual, seperti berada langsung di Mekah. ***** The process of preparing for the departure of the hajj pilgrimage is very long so it is necessary to carry out long preparations in order to carry out this obligation. However, even though this has been done by prospective pilgrims in the country, the reality is that when they arrive in the holy land, there are still many who are confused in terms of implementation and procedures related to the pilgrimage. This study aims to create a virtual reality application for simulating Hajj rituals. This study uses the waterfall type Research and Development method. The results of this study are in the form of an application consisting of 6 features, namely: Hajj series features, Hajj guide series, Arabic conversation, floor plans, questions and answers, instructions for use. By using this application prospective pilgrims will learn how to perform Hajj not only in theory but also presenting ideas, practices and actual conditions, such as being directly in Mecca.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 16468 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 04:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35838 |
Actions (login required)
View Item |