AJENG KIRANA MEITANIA, . (2022) HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR MELALUI YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENARI TARI KREASI KEMBANG JATOH PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEMBANGAN UTARA 08 PETANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dapat memberikan dampak terhadap penggunaan internet pada seseorang, maka perlu adanya pengendalian diri dalam belajar dan kebiasaan belajar yang diterapkan secara berulang. Apabila seorang individu memiliki kontrol diri yang baik, maka individu tersebut dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Begitupun dengan kebiasaan belajar, jika siswa menerapkan kebiasaaan belajar yang baik dan efektif maka kebiasaan tersebut akan terjadi secara berulang atas inisiatif pribadi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV yang sedang menempuh mata pelajaran seni budaya dengan materi tari kreasi kembang jatoh sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket yang berisi pernyataan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan sebesar 52,1% antara pengendalian diri dan kebiasaan belajar melalui YouTube terhadap kemampuan menari tari kreasi kembang jatoh pada siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 08 Petang, hal ini dikarenakan adanya beberapa variabel lain yang mengganggu sehingga mempengaruhi hasil korelasi tersebut antara lain atensi dan empati dalam diri seseorang, usaha yang lebih dalam mengendalikan diri sehingga membentuk kebiasaan belajar yang baik, peran orang tua dalam pembentukan pengendalian belajar sehingga menghasilkan kebiasaan belajar yang baik, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. The development of technology can have an impact on the use of the internet in an individual, for this reason, it is necessary to have self-control in learning and study habits that are applied repeatedly. If an individual has good self-control, then the individual can use technology wisely. Likewise with study habits, if students have implemented good and effective study habits, these habits will occur repeatedly on personal initiative. The sample used in this study was grade IV students who were taking cultural arts subjects with dance material created by 60 students. Sampling using random sampling techniques. The method used in this study is correlational quantitative. Data collection uses a questionnaire that contains statements. The results of the study revealed that there was a positive and significant relationship of 52.1% between self�control and study habits through YouTube on the dance ability dance creations of kembang jatoh in grade IV students of SDN Kembangan Utara 08 Petang, this is due to several other variables that interfere so that it affects the results of the correlation, including attention and empathy in a person, deeper efforts to control themselves so as to form good study habits, the role of parents in the formation of learning control so as to produce good study habits, students are actively involved in learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 16409 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35875 |
Actions (login required)
View Item |