PENGARUH PENGGUNAAN E-WALLET DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (STUDI KASUS PADA ANGKATAN TAHUN 2020)

TUBAGUS IHSAN, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-WALLET DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (STUDI KASUS PADA ANGKATAN TAHUN 2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan seorang individu untuk mengkonsumsi barang dan jasa secara berlebihan, dimana lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Melalui perkembangan teknologi informasi, mahasiswa dapat melakukan kegiatan konsumsi melalui genggaman tangan yaitu alat telekomunikasi smartphone. Apabila mahasiswa tidak memiliki pemahaman tentang keuangan penggunaan aplikasi e-wallet secara bijak dan atau melek ekonomi yang belum baik maka mahasiswa akan sangat mudah terpengaruh dan terbawa arus kedalam perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan gaya hidup hedonis sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi angkatan tahun 2020 Universitas Negeri Jakarta sebanyak 688 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5 persen sebanyak 253 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling mengambil anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak karena anggota populasi dianggap homogen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (Google Form). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wallet dan gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kemudian literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Ditemukan pula bahwa gaya hidup hedonis mampu memediasi pengaruh e-wallet dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya hidup hedonis mampu memediasi pengaruh e-wallet dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan tahun 2020. ************ Consumptive behavior is the act of an individual to consume goods and services in excess, which prioritizes wants over needs. Through the development of information technology, students can carry out consumption activities through the palm of the hand, namely a smartphone telecommunications device. If students do not have an understanding of the finances of using e-wallet applications wisely and or poor economic literacy, students will be very easily influenced and carried away into consumptive behavior. The purpose of this study was to determine the factors that influence the consumptive behavior of students with a hedonic lifestyle as an intervening variable. The population of this research is all students of the Faculty of Economics class of 2020, Jakarta State University as many as 688 students. Samples were taken using the Slovin formula with an error rate of 5 percent as many as 253 students. The sampling technique used is stratified random sampling, taking sample members from the population at random because the members of the population are considered homogeneous. The data collection method used a questionnaire (Google Form). The data analysis method used is path analysis. The results showed that e-wallet and hedonic lifestyle had a positive and significant effect on consumptive behavior. Then economic literacy has a negative and significant effect on consumptive behavior. It was also found that the hedonic lifestyle was able to mediate the effect of e-wallet and economic literacy on consumptive behavior. Based on the results of the study, it can be concluded that the hedonic lifestyle is able to mediate the effect of e-wallet and economic literacy on consumptive behavior in students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta batch 2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Sri Indah Nikensari, SE.,M.SE.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 16490 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:52
Last Modified: 16 Sep 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item