Ade Irna Sumantri, . (2019) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV MI FATAHILLAH JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (221kB) |
|
Text
02 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text
05 SURAT PERNYATAAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (228kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
|
Text
13 BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (441kB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (333kB) |
|
Text
16 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Download (182kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
20 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI Fatahillah Jakarta Selatan melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di MI Fatahillah Jakarta Selatan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Fatahillah dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang sudah ditentukan oleh peneliti dan kolaborator yaitu 80% dari jumlah siswa kelas IV memperoleh skor ≥70 dalam hasil mengisi angket kecerdasan interpersonal. Adapun hasil presentase yang diperoleh pada siklus I memperoleh presentase sebesar 70,35% atau dengan kata lain 19 dari 27 siswa memperoleh skor ≥70, sedangkan untuk siklus II memperoleh presentase sebesar 92,2% atau dengan kata lain 25 dari 27 orang siswa kelas IV MI Fatahillah memperoleh skor ≥70. Untuk presentase hasil instrumen pemantau tindakan guru dan siswa yang diperoleh pada siklus I memperoleh presentase sebesar 76% dan mengalami peningkatan pada siklus II hingga mencapai presentase sebesar 95%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI Fatahillah Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Yustia Suntari, S.Pd., M,Pd ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 12:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36 |
Actions (login required)
View Item |