EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

MUHAMMAD ISNAINI GAUTAMA, . (2013) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Bahasa Jepang.pdf

Download (926kB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu kendala yang sering di alami oleh para guru di dalam menerapkan pembelajaran tertentu, takterkecuali di dalam pembelajaran bahasa Jepang, banyak siswa yang merasa kesulitan di dalam mempelajari bahasa Jepang. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengajarkan bahasa Jepang dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran kooperatif teknik Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas X SMK Tridaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Tridaya, dan sampel penelitian berjumlah 56 orang siswa. 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di kelas eksperimen dan empat kali pertemuan di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test dan post-test) bahasa Jepang sebanyak 20 soal. Selain itu, digunakan juga instrumen berupa angket yang berisi 13 pertanyaan. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes kemampuan bahasa Jepang pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,71. Sedangkan hasil tes kemampuan bahasa Jepang pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 58,43. Nilai thitung yang diperoleh adalah 6,37 sedangkan nilai ttabel adalah 2,005 untuk derajat db = 5% dan 2,67 untuk derajat db = 1%. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode kooperatif teknik Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar bahasa Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Jepang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik Giving Question and Getting Answer lebih efektif dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,697 dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,486. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jepang, memudahkan siswa dalam memahaminya karena pembelajaran dilakukan bersama teman sebaya sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Siswa juga termotivasi dalam mempelajari bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Frida Philiyanti, M. Pd ; 2). Cut Erra Rismorlita, M. Si
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:16
Last Modified: 20 Sep 2022 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36198

Actions (login required)

View Item View Item