ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HOSETSU NO SETSUZOKUSHI TADA, TADASHI, DAN MOTTOMO PADA MAHASISWA SEMESTER 5 JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

MEIDIASARI. R, . (2013) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HOSETSU NO SETSUZOKUSHI TADA, TADASHI, DAN MOTTOMO PADA MAHASISWA SEMESTER 5 JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HOSETSU NO SETSUZOKUSHI TADA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul ” Analisis Kesalahan Penggunaan Hosetsu no Setsuzokushi Tada, Tadashi, dan Mottomo pada Mahasiswa Semester 5 Jurusan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013” bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam mempelajari setsuzokushi tada, tadashi, dan mottomo dan faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan setsuzokushi tada, tadashi, dan mottomo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta, sedangkan sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester 5 kelas A Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Instumen yang digunakan adalah instrumen tes dan angket. Tes terdiri dari 30 butir soal objektif dan angket terdiri dari 13 butir pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Semester 5 Jurusan Bahasa Jepang dapat diketahui bahwa kesalahan tertinggi terjadi pada kata penghubung tada untuk permohonan, tadashi untuk nasehat, dan mottomo untuk keinginan dan pengecualian Faktor penyebab terjadinya kesalahan kata penghubung tada, tadashi, dan mottomo adalah ketiga kata penghubung tersebut mirip. Selain itu, kesalahan yang bersumber pada si terdidik seperti cara belajar mahasiswa yang tidak maksimal, kurangnya pemahaman materi kata penghubung tada, tadashi, dan mottomo yang dimiliki mahasiswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi dan menarik, menerapkan materi dalam percakapan sehari-hari dengan teman, dosen atau penutur aslinya, meningkatkan kesempatan mahasiswa berlatih menggunakan kata penghubung tada, tadashi, dan mottomo baik latihan tertulis maupun yang tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nur Saadah Fitri Asih, M. Pd ; 2). Tia Ristiawati, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:21
Last Modified: 20 Sep 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36212

Actions (login required)

View Item View Item