PENGARUH TEKNIK TANYA JAWAB TERHADAP PENGUASAAN TATA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XII SMAN 62 JAKARTA

MARIANA MARITO, . (2013) PENGARUH TEKNIK TANYA JAWAB TERHADAP PENGUASAAN TATA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XII SMAN 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
3. Abstrak - Resume.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (14kB)
[img] Text
6. BAB 1-5.pdf

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data empiris tentang ada atau tidaknya pengaruh teknik tanya jawab terhadap penguasaan tata bahasa Prancis siswa kelas XII SMAN 62 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014, selama 2 bulan (yaitu bulan Oktober dan November 2013) di SMAN 62 Jakarta. Penelitian ini menggunakan instrumen tes tata bahasa Prancis dalam bentuk pilihan ganda. Instrumen tersebut telah diuji cobakan terlebih dahulu kepasa 35 siswa kelas XII IPS 3 SMAN 62. Setelah dilakukan perhitungan validitas, dari 60 soal yang diajukan, 43 soal dinyatakan valid dan 17 soal dinyatakan tidak valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,84. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t (t-test) dengan taraf signifikasi 0,05. Namun sebelum pengujian hipotesis dilakukan, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data menggunakan Chi Kuadrat pada taraf signifikasi 0,05 dan dk 6 untuk kelompok eksperimen dengan hasil dan dk 5 untuk kelompok kontrol. Didapatkan hasil (49,27 > 12,592) dan (24,49 > 11,070). Karena harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari tabel, maka distribusi hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut normal. Disamping itu, dilakukan juga pengujian homogenitas dengan uji F. Dari hasil perhitungan didapatkan harga F hitung lebih kecil daripada F tabel (1,03 < 1,74). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa varian kedua kelompok tersebut adalah homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 dan dk 71. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (6,849 > 1,980). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh teknik tanya jawab terhadap penguasaan tata bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Subur Ismail, M. Pd ; 2). Yusi Asnidar, S. Pd, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:26
Last Modified: 20 Sep 2022 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36213

Actions (login required)

View Item View Item