NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PUKAT KARANGAN TERE LIYE

LUKMAN NURHAKIM, . (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PUKAT KARANGAN TERE LIYE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memunculkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Pukat karangan Tere Liye. Latar belakang penelitian ini yaitu dalam membaca karya sastra dapat memperoleh nilai-nilai positif yang dapat diambil dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Novel Pukat merupakan salah satu novel yang banyak mengandung nilai-nilai positif tersebut, khususnya nilai-nilai pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi atau analisis konten. Penelitian ini menggunakan teori segi pendidikan dan mengambil subfokus pendidikan rohani. Dalam penelitian ini, terdapat lima nilai-nilai pendidikan yang dimunculkan, yaitu nilai pendidikan: (1) kecakapan, (2) ketuhanan, (3) kesusilaan, (4) keindahan, dan (5) kemasyarakatan. Semua nilai-nilai pendidikan tersebut dimunculkan oleh pengarang melalui berbagai peristiwa, diantaranya melalui dialog tokoh, narasi, serta tindakan tokoh. Berdasarkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini ditemukan delapan belas nilai pendidikan kecakapan yang mencakup antara lain kecakapan dalam menjawab pertanyaan, kecakapan memecahkan masalah, dan kecakapan menciptakan benda dan konsep yang bermanfaat. Adapun delapan belas nilai pendidikan ketuhanan yang mencakup antara lain tentang salat dan mengaji, berdoa, silaturahmi, dan bersyukur kepada Allah. Ditemukan juga empat belas nilai pendidikan kesusilaan, diantaranya tentang kejujuran, rendah hati, dan menghormati orang tua. Selain itu ditemukan enam pendidikan keindahan, antara lain tentang keindahan dalam berpakaian, keindahan keadaan alam, dan keindahan fisik. Terdapat pula sepuluh nilai pendidikan kemasyarakatan, diantaranya tentang gotong-royong, saling bertegur sapa, dan saling peduli kepada tetangga. Nilai pendidikan yang paling menonjol yaitu nilai-nilai pendidikan kecakapan dan ketuhanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Suhita, M. Pd ; 2). Drs. Utjen Djusen R., M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:31
Last Modified: 20 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36217

Actions (login required)

View Item View Item