AMBIGUITAS DALAM IKLAN PRODUK KESEHATAN

KARTIKA DWI CAHYA, . (2013) AMBIGUITAS DALAM IKLAN PRODUK KESEHATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KARTIKA DWI CAHYA.pdf

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ambiguitas yang terkandung dalam iklan produk kesehatan yang tayang di televisi. Penelitian ini dilakukan di Jakarta, dimulai pada Januari hingga Juni 2013. Fokus penelitian ini adalah ambiguitas yang terdapat pada satuan bahasa dalam iklan produk kesehatan di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi, yaitu menganalisis bentuk-bentuk yang ambigu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu tabel analisis. Hasil penetilian adalah sebagai berikut: Pertama, dari 31 iklan, terdapat 56 kutipan satuan bahasa dalam iklan produk kesehatan yang mengandung ambiguitas. Ambiguitas yang paling banyak terjadi adalah ambiguitas tingkat gramatikal, yaitu sebanyak 51 kutipan dengan persentase 91,07%. Urutan kedua terbanyak adalah ambiguitas tingkat leksikal, yaitu sebanyak 4 kutipan iklan dengan persentase 7,14%. Lalu urutan ketiga adalah ambiguitas tingkat fonetik yang hanya terdapat 1 kutipan iklan dengan persentase 1,79%. Kedua, ambiguitas terbagi menjadi ambiguitas tingkat fonetik, ambiguitas tingkat leksikal, dan ambiguitas tingkat gramatikal. Ambiguitas tingkat fonetik terjadi jika suatu kata dilafalkan secara cepat, menghasilkan lebih dari satu penafsiran. Selanjutnya ambiguitas tingkat leksikal karena homonim, terjadi apabila sebuah kata yang sama bunyinya, tetapi memiliki makna yang berbeda. Sementara itu, ambiguitas tingkat gramatikal terbagi lagi menjadi (a) ambiguitas karena pembentukan kata, terjadi karena afiksasi yang membentuk suatu kata, (b) ambiguitas pada frasa yang mirip, terjadi karena kombinasi kata dan penjedaan yang berbeda sehingga dapat menghasilkan penafsiran lebih dari satu, (c) ambiguitas pada konteks terjadi karena ketidakjelasan konteks yang ada pada iklan, dan (d) ambiguitas pada kalimat terjadi karena susunan atau penghilangan kata yang menghasilkan lebih dari satu penafsiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ambiguitas sering terjadi pada iklan produk kesehatan yang tayang di televisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M. Hum ; 2). Dr. Dendy Sugono
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:25
Last Modified: 22 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36275

Actions (login required)

View Item View Item