THE USE OF PUNCTUATIONS IN STUDENTS' DESCRIPTIVE TEXT

INSAN MUTTAQIN Z, . (2013) THE USE OF PUNCTUATIONS IN STUDENTS' DESCRIPTIVE TEXT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (133kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (65kB)

Abstract

Tanda baca merupakan unsur penting dalam menulis. Tanda baca membuat tulisan lebih jelas dan mudah dimengerti. Tanpa tanda baca akan sulit untuk menentukan makna yang tepat dari kalimat. Penggunaan tanda baca yang baik dan benar dalam sebuah tulisan sangat penting karena kesalahan penggunaan tanda baca dapat berakibat pada terganggunya konsentrasi pembaca, atau bahkan dapat mempengaruhi pandangan pembaca terhadap penulis. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan tanda baca pada siswa SMA IT Darul Hikmah Bekasi. Studi ini menerapkan studi deskriptif dan menggunakan tulisan siswa kelas sepuluh berbentuk teks deskriptif serta dan angket sebagai alat pengumpulan data. Pada studi ini, ada 27 teks deskriptif dan 33 kuesioner. Studi ini dilakukan di SMA IT Darul Hikmah Bekasi selama bulan Juni 2013. Hasil studi ini menunjukan bahwa terdapat 330 penggunaan tanda baca. Koma dan titik merupakan tanda baca yang paling sering digunakan. Koma dengan 171 penggunaan dan titik dengan 125 penggunaan. Untuk tanda baca koma, dari 171 penggunaan ada 123 penggunaan yang sesuai dan 48 penggunaan tidak sesuai. Untuk tanda baca titik, dari 125 penggunaan ada 113 penggunaan yang sesuai dan 12 penggunaan tidak sesuai. ***** Punctuation is an important element in writing. Punctuation makes writing clearer and easier to understand. It would be difficult to determine the exact meaning of the sentence without punctuation. The use of punctuation in appropriate way is very important, because the use of punctuation in inappropriate may affected in disruption of concentration of the reader, even to influence the point of view of the reader to the author. This research is aimed to show how is the use of punctuations in the students’ writing of SMA IT Darul Hikmah, Bekasi. This study applied descriptive study and it used the tenth-grader students' descriptive text and questionnaire as the instruments in collecting the data. There are 27 students’ descriptive text and 33 statements of questionnaire. The research was done in' SMA IT Darul Hikmah, Bekasi during June 2013. The findings indicate that there are 330 usages of punctuations. Comma and period are the punctuation marks most often used. Comma with 171 usages and period with 125 usages. From 171 usages of comma, there are 123 usages are appropriate and 48 usages are in appropriate. Then, from 125 usages of period, there are 113 usages are appropriate and 12 usages are inappropriate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. SudaryaPermana, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Tata Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:31
Last Modified: 22 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36308

Actions (login required)

View Item View Item