TIPE KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU HARMONIKA KARYA CLARA NG DAN ICHA RAHMANTI MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

IIS NOVITA SARI, . (2013) TIPE KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PINTU HARMONIKA KARYA CLARA NG DAN ICHA RAHMANTI MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IIS NOVITA SARI.pdf

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian tokoh utama berdasarkan teori tipe kepribadian Eysenck yang terdapat dalam Novel Pintu Harmonika karya Clara Ng dan Icha Rahmanti, serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis psikologi sastra. Fokus penelitian ini adalah tipe kepribadian menurut Eysenck, yang terdiri atas: 1) ekstraversi, 2) introversi, 3) neurotisme, 4) stabilita, 5) psikotisme, 6) superego. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Pintu Harmonika karya Clara Ng dan Icha Rahmanti terdapat tipe kepribadian pada tokoh utama Rizal, Juni, dan David yang meliputi ekstraversi, introversi, neurotisme, stabilita, psikotisme, dan superego. Namun, tipe kepribadian pada tokoh utama yang paling menonjol adalah ekstraversi, neurotisme, dan superego. Setiap tokoh memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Tipe kepribadian ekstraversi cenderung terdapat pada tokoh Rizal. Tipe kepribadian neurotisme cenderung terdapat pada tokoh Juni. Tipe kepribadian superego cenderung terdapat pada tokoh David. Tipe kepribadian introversi, stabillita, dan psikotisme yang terdapat dalam tabel analisis tidak terlalu mendominasi sifat-sifat yang dimiliki oleh tokoh utama dalam novel ini. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pengajaran sastra di SMA untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan mengkaji karya sastra. Siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan mengambil nilai-nilai moral yang terdapat dalam sebuah karya sastra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Saifur Rohman, M. Hum ; 2). Erfi Firmansyah, M. A
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:35
Last Modified: 22 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36313

Actions (login required)

View Item View Item