STRUKTUR KALIMAT DALAM KARANGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH KHUSUS (SMPLB) NEGERI 01 RANGKASBITUNG

HILDA SEPTIANI, . (2013) STRUKTUR KALIMAT DALAM KARANGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH KHUSUS (SMPLB) NEGERI 01 RANGKASBITUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HILDA SEPTIANI.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kalimat dalam karangan anak tuna grahita ringan kelas VII –IX Sekolah Khusus (SMPLB) Negeri 01 Rangkasbitung. Objek dari penelitian ini adalah karangan anak tunagrahita ringan. Fokus dari penelitian ini adalah struktur kalimat meliputi fungsi, kategori dan peran sintaksis kalimat serta kesesuaian semantik dan sintaksisnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Keseluruhan data berjumlah dua puluh karangan yang terdiri atas 76 kalimat yang diperoleh dari 7 gambar berseri dengan tema berbeda. Data tersebut dianalisis menggunakan tabel analisis data yang disarikan dari teori untuk mengetahui struktur kalimat serta kesesuaian semantik dan sintaksis. Hasil penelitian ini menunjukkan anak tunagrahita mampu membuat kalimat tunggal, kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Dari keseluruhan kalimat yang dibuat terdapat kalimat yang berterima baik secara struktur rmaupun kesesuaian semantik dan sintaksis (63.2%), terdapat kalimat yang memiliki struktur lengkap tetapi tidak berterima karena tidak adanya persesuaian semantis (17.1%), ditemukan kalimat yang berterima secara persesuaian semantik tetapi memiliki struktur tidak lengkap (19.7%), terdapat kalimat yang mengalami penambahan preposisi, konjungsi maupun kesalahan konjungsi. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kalimat yang, lebih banyak digunakan adalah kalimat tunggal di dalam menulis karangan. Hasil penelitian tersebut di atas dapat menjadi salah satu pengetahuan yang berguna dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Implikasi penelitian ini adalah 1) membelajarkan dengan mengajarkan keefektifan kalimat yang dibentuk oleh struktur kalimat meliputi fungsi , kategori, dan peran sintaksis, serta kesesuaian semantik dan sintaksis sehingga siswa mampu membuat kalimat bahasa Indonesia dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sakura Ridwan ; 2). Sintowati Rini Utami, M. Pd ; 3). Erfi Firmansyah, M. Pd
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:39
Last Modified: 22 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item View Item