KOMUNIKASI MANUSIA DALAM KUMPULAN CERPEN “ARINILLAH” KARYA TAUFIK HAKIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB

HASAN MUSLIH HADI, . (2013) KOMUNIKASI MANUSIA DALAM KUMPULAN CERPEN “ARINILLAH” KARYA TAUFIK HAKIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN BAHASA INDONESIA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & KATA PENGANTAR.pdf

Download (315kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Komunikasi Manusia dalam kumpulan cerpen “Arinillah” karya Taufik Hakim dan Implikasinya dalam Pengajaran Telaah Sastra Arab, besar harapan agar hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi berdasarkan kajian pustaka. Fokus penelitian ini adalah Komunikasi Manusia dalam kumpulan cerpen “Arinillah” karya Taufik Hakim. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel klasifikasi yang berisikan klasifikasi tentang Komunikasi Manusia berdasarkan bentuk dan motifnya. Klasifikasi Komunikasi Manusia berdasarkan bentuk�bentuknya yaitu Komunikasi Intrapribadi, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Massa, Komunikasi Antar Budaya. Dan klasifikasi Komunikasi berdasarkan motif-motifnya yaitu Komunikasi untuk merubah sikap, Komunikasi untuk merubah pengetahuan, Komunikasi untuk merubah prilaku, komunikasi untuk merubah masyarakat. Di dalam kumpulan cerpen ini peneliti memberikan batasan penelitian pada kumpulan cerpen “Arinillah” karya Taufik Hakim ini sehingga peneliti mengumpulkan dialog yang terdapat dalam kumpulan cerpen sejumlah 585 dialog. Peneliti meringkas dalam penelitian ini bahwa (1) Bentuk-Bentuk Komunikasi Manusia terdapat dalam 585 dialog, dan perincianya sebagai berikut : Komunikasi Intrapribadi berjumlah 64 (11%) dialog, Komunikasi Antar pribadi berjumlah 394 (67%) dialog, Komunikasi Kelompok berjumlah 116 (20%) dialog, Komunikasi Massa berjumlah 7 (1%) dialog, dan Komunikasi Antar Budaya berjumlah 4 (1%) dialog. (2) Motif-Motif Komunikasi Manusia terdapat 63 dialog, dan perinciannya sebagai berikut : Motif Komunikasi Merubah Sikap berjumlah 16 (25%) dialog, Motif Komunikasi Merubah Pengetahuan/Pandangan berjumlah 28 (44%) dialog, Motif Komunikasi Merubah Prilaku berjumlah 13 (21%) dialog, Motif Komunikasi Merubah Masyarakat berjumlah 6 (10%) dialog. Implikasi penelitian terhadap pengajaran Telah Sastra yakni menjadikan kumpulan cerpen “Arinillah” karya Taufik Hakim sebagai salah satu bahan pelajaran khususnya dalam pengajaran analisis teks sastra Arab pada tingkatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Zuriyati M. Pd ; 2). Muhammad Kamal, M, A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:12
Last Modified: 22 Sep 2022 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36322

Actions (login required)

View Item View Item