DISKRIMINASI PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BOULEVARD DE CLICHY AGONIA CINTA MONYET KARYA REMY SYLADO SUATU ANALISIS FEMINIS MARXIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

DANIEL S SINAGA, . (2013) DISKRIMINASI PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BOULEVARD DE CLICHY AGONIA CINTA MONYET KARYA REMY SYLADO SUATU ANALISIS FEMINIS MARXIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_compressed.pdf

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskriminasi tokoh utama dalam novel Boulevard de Clichy Agonia Cinta Monyet yang diperoleh melalui analisis feminis marxis. Peneltian ini dilakukan di Jakarta, Juni 2012 sampai Desember 2013. Objek penelitian berupa Novel Boulevar de Clichy Agonia Cinta Monyet. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Pendekatan penelitian ini adalah feminis marxis. Berdasarkan hasil penelitian terdapat diskriminasi sosial gender, ekonomi, dan hubungan anatar diskriminasi yaitu diskriminasi sosial gender dan diskriminasi ekonomi yang dialami oleh tokoh utama yaitu tokoh utama Nunuk. Prasangka gender yang terjadi pada perempuan dan laki-laki di mana gender sebagai dekonstruksi sosial budaya atau sebagai kodrat Tuhan. Diskriminasi terjadi karena perempuan terlahir sebagai gender kaum yang lemah yaitu kaum proletar hanya berada pada ruang privat tidak mampu menghasilkan apa-apa dan laki-laki sebagai kaum borjuis yang memiliki kekuatan pada ruang publik melakukan apa saja dan menghasilkan barang. Kelemahan yang dimiliki oleh perempuan dimanfaatkan oleh laki-laki. Dari hasil penelitian, Nunuk sebagai tokoh utama yang mengalami diskriminasi berjuang untuk keluar dari diskriminasi, untuk menjadi perempuan yang berada di ruang publik setara dengan laki-laki, di dalam ruang publik Nunuk mengalami diskriminasi dari para laki-laki yang sebagai kaum borjuis yang mampu mebayar mahal Nunuk. Hasil mengenai pembelajaran sastra di SMA mengenai diskriminasi tokoh perempuan meliputi diskriminasi sosial gender, diskriminasi ekonomi, dan hubungan antar diskriminasi sosial gender dan ekonomi di dalam proses belajar mengajar di sekolah dapat diterapkan dan peserta didik dapat membedakan mana yang baik dan tidak untuk dilakaukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses belajar mengajar peserta didik dapat mengetahui diskriminasi yang dialami oleh perempuan baik dalam karya sastra atau kehidupan nyata. Peserta didik semakin memahami menganalisis novel dalam pembelajaran sastra khususnya novel Boulevard de Clichy Agonia Cinta Monyet karangan Remy Sylado.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsayd Ridho, M. Hum ; 2). Gres Grasia Azmin, M. Si
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:21
Last Modified: 22 Sep 2022 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36342

Actions (login required)

View Item View Item