AJARAN ISLAM PADA PANTUN ADAT MINANGKABAU

DAMAZ ARISTY SISVAREZA, . (2013) AJARAN ISLAM PADA PANTUN ADAT MINANGKABAU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAMAZ ARISTY SISVAREZA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ajaran agama Islam yang terdapat dalam pantun adat Minangkabau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini dilaksanakan di sepanjang semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini difokuskan pada pantun adat Minangkabau berupa data lisan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber. Adat dan syarak selalu menjadi unsur utama dalam masyarakat Minangkabau. Oleh karena itu teori yang digunakan adalah teori ajaran agama Islam. Teori ini mencakup Akidah, Syari’at, dan Akhlak. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu oleh beberapa narasumber yang memberikan data-data yang diperlukan, dan juga dibantu dengan tabel analisis. Pengambilan data dilakukan dengan merekam pantun-pantun yang disampaikan oleh narasumber, kemudian dipilih 22 pantun yang diduga memiliki persandingan antara unsur adat dan agama. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagian besar pantun tersebut setelah dianalisis tidak semuanya terikat syarat dan ciri-ciri pantun sebagai puisi lama. Ditemukan bentuk-bentuk yang sangat berbeda dengan ciri-ciri pantun pada umumnya. Dalam keseluruhan pantun ini juga ditemukan penyetaraan antara adat dengan agama, lewat penyusunan bentuk pantun tersebut. Baik dari makna tersirat maupun bentuk tersurat, memiliki hubungan antara adat dengan agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Gres Grasia Azmin, M. Si ; 2). Irsyad Ridho, M. Hum
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:25
Last Modified: 22 Sep 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36343

Actions (login required)

View Item View Item