PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS 1 MAN 14 JAKARTA

SASRAWATI AYUNINGSIH, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS 1 MAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SASRAWATI AYUNINGSIH 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur pada bulan April – Mei 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan membaca Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitia tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Pengukuran hasil penguasaan pemahaman bacaan dilaksanakan diakhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes penguasaan pemahaman membaca berbentuk pilihan ganda, benar salah dan soal uraian atau essay yang berjumlah 20 soal. Penelitian tindak kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur adalah 73,45. Pada siklus II nilai rata-rata peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta meningkat menjadi 82,65. Implikasi hasil penelitian menggunakan Metode Saintifik yang diterapkan dalam peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada ujian peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada siklus I mencapai rata-rata nilai 73,45. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan , karena para siswa-siswi belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan metode ini. Pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran membaca bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah pada siklus I proses pembelajaran dibentuk secara berkelompok, sedangkan pada siklus II proses pembelajaran terjadi secara tidak berkelompok (mandiri). Peneliti juga menggunakan media pembelajaran. Inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 82,65, atau indikator pencapaian berhasil diraih, 36 siswa mencapai hasil ujian kurang lebih 78 sehingga 90% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. ن Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab menggunakan metode saintifik di MAN 14 jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Metode Saintifik berpengaruh positif terhadap penguasaan keterampilan membaca bahasa Arab siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Dengan demikian Metode Saintifik ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran membaca sehingga siswa-siswi menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari bahan bacaan dalam pelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zaenal Rafli M.Pd. ; 2). Siti Jubaidah M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Feb 2020 10:20
Last Modified: 20 Feb 2020 10:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3635

Actions (login required)

View Item View Item