SUBJEK OTOBIOGRAFI DALAM NOVEL LASKAR PELANGI DAN NOVEL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA (SUATU KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

SATRIA DIWO FATHURRAHMAN, . (2016) SUBJEK OTOBIOGRAFI DALAM NOVEL LASKAR PELANGI DAN NOVEL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA (SUATU KAJIAN SASTRA BANDINGAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi satria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persamaan dan perbedaan subjek otobiografi dalam novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata dan novel Tottochan: Gadis Cilik di Jendela karangan Tetsuko Kuroyanagi. Kedua novel ini adalah jenis novel yang berkisah di mana tokoh utama adalah pengarang itu sendiri. Penelitian ini dilakukan sejak bulan April hingga Juni 2016. Teori yang digunakan dalam menemukan subjek otobiografi dalam kedua novel adalah analisis Reading Autobiography oleh Sidonie Smith dan Julia Watson. Subjek otobiografi tersebut meliputi 5 hal: memori, pengalaman, identitas, penubuhan, dan agensi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya persamaan dan perbedaan kelima subjek otobigrafi tersebut. Persamaan memori dari kedua novel ini sebagian besar terlihat pada memori tokoh utama yaitu Ikal dan Totto-chan dalam menempuh dunia pendidikan, sedangkan perbedaan memori terletak pada memori sejarah yang menggambarkan zaman ORBA dan masa perang dunia ke-2. Persamaan pengalaman kedua novel ini terjadi karena merupakan pengalaman tokoh utama sewaktu kecil, namun dalam Laskar Pelangi terdapat pengalaman masa dewasa tokoh utama. Persamaan identitas kedua novel ini karena menunjukkan identitas fisik murid-murid, para pengajar, dan sekolah, sedangkan perbedaaan terjadi pada Laskar Pelangi yang menampilkan identitas kelas sosial. Persamaan penubuhan dari kedua novel terletak pada seluruh tokoh dalam cerita, lalu penubuhan kedua sekolah yang berbeda dari sekolah lain (Muhammadiyah dan Tomoe Gakuen), dan terakhir ialah penubuhan masyarakat yang meliputi padangan hidup dan kebiasaan tingkah laku. Persamaa agesi kedua novel ini terletak dari cara berpikir para pengajar dan murid-murid dalam pendidikan. Penelitian ini memiliki implikasi terhadap pembelajaran sastra dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Suhita, M. Pd., ; 2). Rahmah Purwahida, M. Hum.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Feb 2020 10:26
Last Modified: 20 Feb 2020 10:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item