KAJIAN PERIBAHASA BAHASA PRANCIS DAN BAHASA INDONESIA

PRETI CICILIA SARU, . (2013) KAJIAN PERIBAHASA BAHASA PRANCIS DAN BAHASA INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BURNING SKRIPSI PRETTY 2315061429.pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengkaji beberapa makna peribahasa dari nama binatang tertentu dipengaruhi oleh sifat-sifat binatang yang sesuai dengan fenomena yang terjadi pada kehidupan masyarakat dan disampaikan melalui pesan yang terkandung di dalam kumpulan peribahasa La Symphonie Animale dan Pintar Berperibahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh dari buku La Symphonie Animale dan Pintar Berperibahasa yang terdiri dari beberapa kumpulan peribahasa. Data yang dianalisis adalah kajian beberapa peribahasa bahasa Prancis La symphonie animale dan peribahasa bahasa Indonesia pada Pintar Berperibahasa Indonesia. Untuk menganalisis makna konotatif yang terdapat pada peribahasa bahasa Prancis dan bahasa Indonesia tersebut digunakan teori semantik metafora bercitra hewan yang dikemukakan oleh Parera yang mengemukakan bahwa diungkapkan bahwa manusia disamakan dengan sejumlah takterbatas binatang. Metafora bercitra hewan, biasanya digunakan oleh pemakai bahasa untuk menggambarkan satu kondisi atau kenyataan di alam sesuai pengalaman pemakai. ii .Hasil penelitian ini menunjukan makna konotasi dari nama binatang tertentu dipengaruhi oleh sifat-sifat binatang yang sesuai dengan fenomena yang terjadi pada kehidupan masyarakat dan disampaikan melalui pesan yang terkandung di dalam sebuah peribahasa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M. Pd ; 2). Dr. Asti Purbarini M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:09
Last Modified: 23 Sep 2022 07:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item View Item