ILLOCUTIONARY ACT IN STILL ALICE MOVIE SCRIPT

Shanti Fitria Rinawanti, . (2016) ILLOCUTIONARY ACT IN STILL ALICE MOVIE SCRIPT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Shanti FR - CV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Shanti FR - Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi adalah sangatlah penting dalam kehidupan kita. Dalam sebuah ucapan, terdapat tindak tutur yang dinamakan tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi adalah tindak tutur yang berkaitan dengan perbuatan dalam hubungannya dengan mengatakan sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe – tipe tindak tutur ilokusi dan mengetahui makna tersirat dari tindak tutur ilokusi dalam naskah film Still Alice berdasarkan teori John Searle. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa ada 309 tindak tutur ilokusi. Dari 309 tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam di dalam naskah film Still Alice, terdapat 107 representative (35%), 97 expressive (31%), 58 directive (19%), 8 declarative (2%), dan 39 commissive (13%). Tindak tutur yang lebih banyak digunakan adalah representative (35%). Penanda daya ilokusi yang sering digunkan dalam representative adalah menceritakan atau memberitahu, dalam expressive adalah permintaan maaf, dalam directive adalah menyuruh, dalam commissive adalah berjanji dan dalam declarative adalah mengutuk. Penelitian ini dapat membantu pembaca lainnya yang ingin melakukan penelitian tentang tindak tutur ilokusi dan dapat menambah pengetahuan pembaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aisah M.Hum ; 2). Ellita Permata W.M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2020 10:55
Last Modified: 20 Feb 2020 10:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3639

Actions (login required)

View Item View Item