Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Kecantikan (PUK) di SMK Negeri 3 Tangerang

Lukki Bahari, . (2018) Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Kecantikan (PUK) di SMK Negeri 3 Tangerang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lukki Bahari-5535131853-Jurusan Pendidikan Vokasional Tata Rias.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan potensi dalam diri, baik secara keterampilan maupun akhlak. Suatu proses pendidikan dinyatakan berhasil dapat dilihat dari berbagai macam sisi, salah satunya adalah hasil belajar. hasil belajar adalah penilaian tentang kemampuan siswa yang berkenaan dengan materi pelajaran yang dikuasai. Hasil belajar ini dapat dipengaruhi oleh motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah usaha yang dilakukan oleh tiap individu untuk meningkatkan kecakapan diri setinggi mungkin dalam semua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan sebagai pembanding. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar mata pelajaran pengelolaan usaha kecantikan di SMK N 3 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa, dalam hal ini siswa jurusan kecantikan, yang sudah mengikuti mata pelajaran pengelolaan usaha kecantikan di SMK Negeri 3 Tangerang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 28 responden. Untuk mendapatkan data penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Data hasil belajar merupatkan data sekunder yang didapatkan dari SMK N 3 Tangerang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar mata pelajaran pengelolaan usaha kecantikan di SMK Negeri 3 Tangerang. Hal ini dapat dilihat dari hasil rxy = 0,386 pada taraf signifikansi α=0,05. Nilai koefisien determinasi yang didapat adalah sebesar 0,155. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi berprestasi sebanyak 15,5% dan 84,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa hasil belajar akan meningkat jika motivasi berprestasi berprestasi siswa juga meningkat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nurul Hidayah, M.Pd 2) Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Oct 2019 12:25
Last Modified: 21 Oct 2019 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item