PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA MTs NEGERI 31 JAKARTA

SHARA LARASATI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA MTs NEGERI 31 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Shara Larasati 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 31 Jakarta pada bulan Maret – April 2016 dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas 7.3 di MTsN 31 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Pengukuran hasil belajar bahasa Arab dilaksanakan di akhir setiap siklus penelitian dengan memberikan tes akhir berbentuk pilihan ganda dan jawaban singkat yang berjumlah 20 soal. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 7.3 MTsN 31 Jakarta adalah 72,08, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 7.3 MTsN 31 Jakarta meningkat menjadi 80,4. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa MTsN 31 Jakarta. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together ini dapat digunakan sebagai salah satu model atau metode dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga siswa menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Chakam Failasuf M.Pd ; 2). Mohamad Sarip M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Feb 2020 11:09
Last Modified: 20 Feb 2020 11:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item