ANALISIS KESALAHAN PENGGABUNGAN KEIYOUSHI(BENTUK –TE) DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG TERHADAP MAHASISWA TINGKAT II SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING JIA BEKASI

NOVRIZYA ZUFRINA, . (2013) ANALISIS KESALAHAN PENGGABUNGAN KEIYOUSHI(BENTUK –TE) DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG TERHADAP MAHASISWA TINGKAT II SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING JIA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN PENGGABUNGAN KEIYOUSHI full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang terjadi, faktor�faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan, serta solusi yang dapat digunakan untuk menghindari kesalahan dalam penggabungan kata sifat dalam bahasa Jepang oleh mahasiswa tingkat II Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan dan memaparkan permasalahan dengan melakukan pengumpulan data melalui tes dan angket. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan kategori tingkat kesalahan penggabungan kata sifat dalam bahasa Jepang oleh mahasiswa tingkat II Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA termasuk kategori tingkat kesalahan sedang. Sebesar 63,47%. Berdasarkan penyebab kesalahan penggabungan kata sifat dalam bahasa Jepang oleh mahasiswa tingkat II Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA, kesalahan terkecil pada penggabungan nakeiyoushi dengan nakeiyoushi sebesar 47%. Dan kesalahan tertinggi pada penggabungan dua nakeiyoushi dan bertemu kata benda sebesar 96%. Menyebabkan terhambatnya komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah kalimat. Solusi yang dapat digunakan oleh dosen untuk mengurangi kesalahan mahasiswa dalam penggabungan keiyoushi dalam kalimat bahasa Jepang diantaranya dengan cara menggunakan metode, teknik serta media pengajaran yang sesuai agar mahasiswa dapat mengerti dengan baik perbedaan maupun penggabungan i-keiyoushi dan na-keiyoushi. Sedangkan agar materi penggabungan keiyoushi tidak lagi dianggap sebagai materi yang sulit, pengajar diharapkan dapat mengajarkan materi penggabungan keiyoushi secara detail dan dapat memberikan ringkasan materi penggabungan keiyoushi yang mudah dimengerti oleh mahasiswa. Sedangkan, solusi yang dapat digunakan oleh mahasiswa menghindari kesalahan dalam penggabungan keiyoushi dalam kalimat diantaranya adalah dengan lebih banyak mempelajari buku-buku mengenai materi penggabungan keiyoushi dalam kalimat ataupun menggunakan media lain seperti seperti internet, anime dan drama. Selain itu mahasiswa diharapkan untuk mempraktikkan penggabungan keiyoushi sehari-hari baik dengan teman, pengajar dan juga dengan native speaker sehingga dapat terbiasa dengan materi penggabungan keiyoushi dan dapat membedakan i-keiyoushi dan na-keiyoushi tergantung konteks penggunaannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Poppy Rahayu, M. Pd ; 2). Cut Erra Rismorlita, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:53
Last Modified: 26 Sep 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36415

Actions (login required)

View Item View Item